Daerah

Bupati Madiun Tinjau Kesiapan Laboratorium Alat PCR

BeritaNasional.ID, Madiun – Tepat dua tahun masa kepemimpinannya, Bupati Madiun H. Ahmad Dawami lakukan sidak rumah sakit bersama Asisten Administrasi Pembangunan dan beberapa pimpinan OPD. Kedatangannya di RSUD Caruban kali ini guna meninjau kesiapan ruangan laboratorium yang menangani hasil swab COVID-19. Kamis, (24/9/2020)

“Saya ingin melihat kesiapan penanganan kuratif dan rehabilitatif COVID-19. Kami sudah siapkan laboraturium dengan alat PCR dari bantuan Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi Jatim beberapa waktu lalu”, ¬†kata Bupati Madiun H. Ahmad Dawami

Kesiapan laboratorium tersebut sudah mendekati final, namun ada beberapa catatan dari hasil visitasi pihak Provinsi Jatim yang harus segera diperbaiki. Bupati berharap, ada rasa aman yang bisa dirasakan oleh dokter atau tenaga kesehatan lain saat berada di laboratorium itu.

“Perlu diciptakan kenyamanan dalam ruangan ini, sehingga hasil diagnosisnya bisa maksimal”, ujarnya.

Selain sidak, Bupati tu juga meninjau VTM (viral transport medium) atau media pembawa virus. VTM merupakan media pembawa spesimen lendir hidung dan tenggorokan pasien yang akan dilakukan uji swab PCR untuk dikirim ke laboratorium tempat pengujian. Ada standar higienitas tersendiri di setiap ruangan, sehingga ketika masuk maupun keluar ruangan dalam keadaan bersih.

UGD RSUD Caruban pun dinilai sudah siap menerima pasien. Kaji Mbing sapaan akrab Bupati Madiun berpesan agar ada perencanaan kembali untuk mencegah munculnya klaster instansi. “Hal ini penting karena ketika instansi yang melayani masyarakat terkena COVID-19, semuanya bisa terdampak”, lanjutnya. Sampai saat ini, kesiapan laboratorium RSUD Caruban sudah mencapai 90 persen. Dirinya menargetkan satu minggu kedepan seluruh fasilitas maupun SDM sudah siap digunakan. (Ik/Is)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close