DaerahJawa TimurPelantikanRagamSitubondo

Bupati Melantik Pengurus Dewan Kesenian Situbondo

SITUBONDO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id – Pengurus Dewan Kesenian Situbondo (DKS) Preiode 2023 – 2027 dilantik oleh Bupati Situbondo, Karna Suswandi. Pelantikan yang berlangsung di pendopo Aryo Situbondo berlangsung sederhana, namun penuh makna, Rabu (4/1/2023).

Hadir dalam pelantikan Dewan Kesenian Situbondo ini, Wakil Bupati Situbondo Nyai Hj Khoirani, Kepala Dinas Pariwisata Situbondo, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Situbondo dan anggota DPRD Situbondo serta tamu undangan lainnya.

Ketua DKS, Edy Supriyono dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh seniman dan budayawan Situbondo yang masih memberi kesempatan untuk memimpin DKS ke dua kalinya. “Saya ucapkan terima kasih kepada para seniman dan budayawan Situbondo yang masih mempercayai saya untuk kembali memimpin DKS,” ujarnya.

Selain itu, Edy Supriyono juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Situbondo, Kepala Dinas Pariwisata, Plt Kepala Dinas Pendidikan Situbondo, anggota DPRD Situbondo yang terus mendukug dan memfasilitasi setiap kegiatan yang dilaksanakan DKS. “Di tahun 2023 ini, obsesi DKS ingin menjadi konseptor pada kegiatan seni dan budaya di Kabupaten Situbondo. Untuk itu, kami mohon dukungan semua pihak termasuk dukungan Bupati Situbondo,” kata Edy Supriyono.

Dalam pagelaran seni dan budaya, sambung Edy Supriyono, DKS hanya yang men-design saja. Sedangkan, untuk pelaksananya para seniman dan budayawan di kabupaten Situbondo. “Selain itu, DKS juga ingin lebih menghidupkan ruang ekspresi atau panggung kesenian di daerah Situbondo lainnya. Sebab, selama ini ruang ekspresi yang dilaksanakan setiap malam minggu hanya bertempat di sekitar alun-alun Situbondo saja. Mudah-mudahan kedepan ruang ekspresi itu bisa dilaksanakan di wilayah timur dan barat Kabupaten Situbondo,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi dalam sambutannya berharap pengurus DKS lebih kreatif dalam berinovasi agar setiap ada event pagelaran seni dan budaya di Kabupaten Situbondo semakin menarik perhatian masyarakat Situbondo maupun masyarakat luar Kabupaten Situbondo.

Tak hanya itu yang disampaikan Bupati Situbondo yang akrab di sapa Bung Karna ini. Akan tetapi, pria kelahiran Desa Curahtatal, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo ini juga meminta kepada pengurus DKS yang baru dilantik mampu mengaplikasikan dan mewujudkan Situbondo Berjaya.

“Saya juga meminta kepada dinas-dinas dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo untuk terus berkolaborasi atau mendukung pagelaran seni dan budaya panggung terbuka para seniman dan budayawan yang bernaung di dalam wadah Dewan Kesenian Situbondo,” kata Bupati Karna.

Lebih lanjut, Bupati Karna mengatakan, pertunjukan seni dan budaya seniman dan budayawan Situbondo nantinya bisa dilaksanakan di Gedung Serbaguna Baluran untuk menciptakan pusat perekonomian baru sebagaimna usulan dari DKS. “Untuk menciptakan ruang ekspresi di tempat lainnya, saya berharap DKS mampu bersama-sama menggarap perekonomian baru di setiap event ruang ekspresi,” pungkas Bupati Karna.

Publisher             :Heru Hartanto

Pewarta               :As’ad Zuhaidi Anwar

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button