Daerah

Bupati Ponorogo Melaunching Program Kotaku di Surodikraman

BeritaNasional.ID, Ponorogo – Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni didampingi Anggota Komisi V DPR RI Sri Wahyuni melaunching Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Tahun 2020 yang bertempat di Kelurahan Surodikraman, Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo, (22/7)

Hal ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Ponorogo dalam mewujudkan lingkungan bersih di wilayah perkotaan.

Program Kotaku ini adalah salah satu program PKT yang dilaksanakan melalui Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR bersinergi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dan Kelompok Masyarakat dengan melakukan perbaikan kualitas kawasan permukiman kumuh terutama di perkotaan.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Ibu Sri Wahyuni dari Komisi V DPR RI dan Pemkab Ponorogo yang telah berupaya semaksimal mungkin untuk mewujudkan Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), khususnya di wilayah Kelurahan Surodikraman,” kata Lurah Surodikraman, Ahwayuning Hirowati dalam sambutannya.

Sementara itu, Bupati Ipong menjelaskan, sebenarnya program ini bukan hal baru. Dan pemerintah pusat sempat menghentikan program ini. Saat program ini kembali ada, serta berkat usaha dari anggota DPR RI dari partai NasDem, akhirnya Ponorogo mendapatkan program ini dengan total anggaran sebanyak enam milyar untuk enam kelurahan.

Hal senada diungkapkan Sri Wahyuni Ipong Muchlissoni, anggota DPR RI Dapil VII Jatim ini menerangkan bahwa Pemkab Ponorogo sebenarnya mengusulkan sepuluh Kelurahan ke Kementerian PUPR RI. Namun, hanya enam Kelurahan yang disetujui, yakni Kelurahan Surodikraman, Purbosuman, Kadipaten, Setono, Patihan Wetan serta Kelurahan Kertosari.

“Program Kotaku ini merupakan wujud kolaborasi antara Kementerian PUPR dan Pemda dalam mendorong dan memberdayakan masyarakat, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasannya,” pungkasnya. (ns)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close