AdvedtorialDaerahDPRD WAJOWajo

DPRD Wajo Terima Ranperda APBD Tahun 2024 Untuk Dibahas

BeritaNasional.ID, Advetorial DPRD Wajo  — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan menggelar rapat paripurna terkait Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Wajo untuk tahun anggaran 2024 pada Selasa  31 Oktober 2023.

Rapat Paripurna yang dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Wajo tersebut Dipimpin Wakil Ketua II DPRD Wajo, Andi Senurdin Husaini didampingi Wakil Ketua I, Firmansyah Perkesi  dengan dihadiri Bupati Wajo H Amran Mahmud bersama Wakil Bupati Wajo H. Amran, para anggota DPRD Wajo serta para kepala OPD Kabupaten Wajo.

Wakil II DPRD Wajo, Andi Senurdin Husaini menjelaskan, penyerahan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Wajo untuk tahun anggaran 2024 terlebih dahulu akan dibahas di DPRD Wajo.

“Ranperda APBD Kabupaten Wajo tahun 2024 yang diserahkan pada hari ini merupakan hasil formulasi dari kumpulan seluruh Rencana Kerja Anggaran (RKA) perangkat daerah nantinya akan dibahas dan dikaji oleh DPRD Wajo,” ujarnya

Dihadapan perserta Rapat Paripurna, Andi Senurdin Husaini yang juga legislator Partai Demokrat ini segenap legislator Wajo senantiasa terus bekerja dan memikirkan apa yang menjadi prioritas warga Kabupaten Wajo selama ini. Untuk mewujudkan hal tersebut, tentunya harus tetap terbangun sinergitas yang baik antara DPRD Wajo bersama Pemerintah Kabupaten Wajo

“Untuk itu sinergitas kami dengan pemerintah daerah harus tetap terjalin dengan baik demi pembangunan sarana dan prasarana yang terkait langsung dengan peningkatan pelayanan publik serta pertumbuhan ekonomi daerah,” ujarnya.

Sekedar diketahui secara umum anggaran pendapatan daerah Kabupaten Wajo tahun 2024 yaitu pendapatan daerah ditargetkan sebesar Rp1,468 triliun lebih, yang direncanakan diperoleh dari pendapatan asli daerah sebesar Rp172 miliar lebih.

Ditempat yang sama Bupati Wajo, Amran Mahmud dalam penjelasannya mengatakan Rancangan APBD Kabupaten Wajo tahun 2024 merupakan kristalisasi dari seluruh rencana kerja anggaran SKPD yang berdasarkan pada sinkronisasi antara rencana kerja pemerintah (RKP) dengan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD).

“Selanjutnya tertuang dalam kebijakan umum anggaran (KUA) dan prioritas dan plafon anggaran sementara (PPAS) yang telah disepakati dalam nota kesepakatan antara bupati dengan DPRD pada tanggal 16 Agustus kemarin, sehingga RAPBD merupakan wujud keterpaduan seluruh program nasional dan daerah dalam upaya peningkatan pelayanan umum dan kesejahteraan masyarakat di daerah,” ucapnya.

Menurut Ketua Orari Lokal Wajo ini, Sinergitas pusat dan daerah sebagaimana dimaksud dalam mendukung mendorong percepatan pemulihan ekonomi dan reformasi sosial menjadi tantangan utama dalam pembangunan.

“Olehnya itu, keterpaduan dan sinkronisasi kebijakan program dan kegiatan diarahkan pada percepatan penyediaan sarana prasarana layanan publik dan ekonomi untuk meningkatkan kesempatan kerja, mengurangi kemiskinan, dan mengurangi kesenjangan penyediaan layanan publik,” jelasnya.

Sekaitan dengan belanja daerah Kabupaten Wajo pada tahun anggaran ini, digunakan untuk pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan pemerintah kabupaten yang terdiri dari urusan wajib, urusan pilihan dan fungsi penunjang pemerintahan.

“Untuk belanja daerah tersebut diprioritaskan untuk mendanai urusan pemerintah wajib terkait pelayanan dasar yang ditetapkan dalam standar pelayanan minimal (SPM),” ungkapnya.

Oleh karena itu, kata Amran pemerintah daerah memprioritaskan pembangunan sarana dan prasarana yang terkait langsung dengan peningkatan pelayanan publik serta pertumbuhan ekonomi daerah.

“Belanja daerah pada tahun anggaran 2024 direncanakan sebesar Rp1.433 triliun lebih,” ucapnya.

Ketua PMI Wajo ini berharap bahwa apa yang dilaksanakan tersebut dapat menjadi dasar dari langkah dan gerak pengabdian sehingga semua tetap berjalan sesuai dengan koridor hukum.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Wajo atas sinergi yang terbangun selama ini. Semoga apa yang kita lakukan hari ini dapat memberi sumbangsih untuk suksesnya pembangunan dimasa yang akan datang menuju masyarakat yang amanah dan sejahtera,” pungkasnya. (Advetorial/BERNAS)

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button