AdvedtorialPemkab SidrapSidrap

Bupati Sidrap Dollah Mando Hadiri Pesta Panen di Amparita

BeritaNasional. ID, Sidrap – Bupati Sidrap, H Dollah Mando menghadiri Pesta Panen Mappadendang di Lapangan Sepak Bola Andi Sulolipu, Kamis, 3 Oktover 2019.

Acara yang dilaksanakan oleh warga Amparita Lama itu dihadiri tokoh adat dari Addatuang Sidenreng yakni Pancaitana Bungawalie Andi Maisara Mahmud SL. Kemudian YPDB Pangerang La Wawo Daeng Mallongi, Nedy Achmad ST SE MSc.

Turut hadir Sekretaris Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP2) Sidrap, Asri, Camat Tellu Limpoe, Andi Mauraga, Sekcam Tellu Limpoe, Andi Makkasau serta perwakilan Danramil dan Kapolsek Tellu Limpoe, dan tamu undangan lainnya.

Dalam kegiatan itu, warga Amparita lama melakukan ritual adat sebelum turun sawah pada Musim Tanam (MT) Oktober-Maret (Okmar) 2019-2020.

Camat Tellu Limpoe, Andi Mauraga mengatakan, kegiatan tersebut merupakan adat istiadat masyarakat bugis utamanya warga Amparita lama sebelum mereka turun sawah.

“Kegiatan ini rutin dilaksanakan sebelum turun sawah. Setelah ini juga akan dilanjutkan dengan tudang sipulung,” ungkap Andi Mauraga

Sementara itu,  Bupati Sidrap, H Dollah Mando mengaku mengapresiasi acara tersebut yang dilakukan petani sebelum turun sawah. Dia berharap agar apa yang menjadi keluhan para petani bisa disampaikan melalui pemerintah setempat ataupun di acara-acara seperti itu.

Dollah Mando mengungkap, Pemerintah saat ini tengah menjalankan program Selamatkan Rawa, Sejahterakan Petani (Serasi).

Program perbaikan saluran irigasi itu disebutkan sudah dikerjakan sepanjang 9,5 kilometer di wilayah Mojong, dan Watang Sidenreng 10 kilometer, dan dilanjutkan ke Kecamatan Watang Pulu.

“Mudah-mudahan ini bisa selesai secepatnya sehingga keluhan petani selama ini terkait air sudah bisa teratasi secara berlahan-lahan,”ucapnya.

Tak hanya itu, kata Dollah Mando mengatakan, bahwa masih banyak program lainnya yang bisa membantu para petani di daerah ini. (Risal Bakri)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button