DaerahJawa TimurRagamReligiSitubondo

Bupati Situbondo dan Forkopimda Hadiri Pengajian Umum serta Shalawat Bhenning di Asta Bantongan

SITUBONDO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id – Bupati Situbondo Karna Suswandi, Dandim Situbondo Letkol Inf Bayu Anjas Asmoro, Ketua MUI Situbondo Habib Abu Bakar Al Muhdar, dan Forkopimda Situbondo lainnya, Camat Situbondo dan lurah serta kades menghadiri Pengajian Umum dan Shalawat Bhenning yang berlangsung di kawasan Petilasan Syech Maulana Ishaq, Asta Bantongan, Kotakan, Kecamatan Kota Situbondo, Kabupaten Situbondo, Selasa (15/11/2022).

Bupati Situbondo Karna Suswandi dalam sambutannya mengatakan bahwa, Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo selalu mendukung kegiatan religi keagamaan yang diselenggarakan masyarakat umum maupun para pondok pesantren di wilayah Kabupaten Situbondo.

“Pada bulan Maulid Nabi Muhammad SAW, Pemkab Situbondo telah melaksanakan kegiatan Pekan Shalawat Nasional selama tujuh hari tujuh malam. Kegiatan riligius ini dilaksanakan agar masyarakat Kabupaten Situbondo semakin mencintai Shalawat Nabi Muhammad SAW, ” kata Bupati Situbondo dihadapan ribuan jamaah pengajian umum dan Shalawat Bhenning.

Lebih lanjut, Bupati Situbondo dalam sambutannya mengatakan bahwa, Pemkab Situbondo juga telah menyalurkan bantuan untuk guru ngaji dan berbagai bantuan sosial untuk masyarakat Kabupaten Situbondo. “Semoga apa yang telah diberikan Pemkab Situbondo bermanfaat buat masyarakat, ” ujar Bupati Situbondo yang akrab di panggil Bung Karna.

Tak hanya itu sambutan yang disampaikan Bupati Situbondo, namun Bung Karna juga berharap dengan kegiatan religius Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul Asta Bantungan yang ada di kawasan Petilasan Syech Maulana Ishaq seluruh masyarakat Kabupaten Situbondo, khususnya masyarakat yang ada disekitar Petilasan Syech Maulana Ishaq semakin cinta bershalawat dan semakin tekun menjalankan ibadah yang di perintahkan Allah SWT.

“Saya berharap dengan mempertebal shalawatan dan semakin meningkatkan ibadah kepada Allah SWT, semua masyarakat Kabupaten Situbondo mendapat perlindunganNya serta ridhoNya dan terhindar dari berbagai macam musibah,” pungkas Bupati Situbondo.

Selanjutnya, ceramah agama dan shalawatan yang disampaikan KHR Azaim Ibrahimy, pengasuh pondok Pesantren Salafiyah Safi’iyah Sukorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo menerangkan bahwa, dengan memperbanyak membaca shalawat, maka Allah SWT akan melimpahkan pahala-Nya.

“Apabila jamaah shalawat yang hadir dan melaksanakan secara khuzu, maka saya yakin para malaikat hadir dan Allah SWT akan melimpahkan pahala-Nya kepada kita semua,” tutur KHR Azaim Ibrahimy dalam ceramah agama-nya.

Allah SWT, sambung KHR Azaim Ibrahimy, akan memberikan berbagai kemudahan bagi orang-orang yang taat dalam menjalani ibadah, bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW serta meninggal apa yang menjadi laranganNya.

“Tingkatkan ibadah dan pertebal membaca shalawat serta tinggalkan laranganNya, niscaya Allah SWT akan memberikan berbagai kemudahan dalam menjalani hidup di dunia hingga akherat,” ajak KHR Azaim dihadapan ribuan jamaah Shalawat Bhenning.

Sekedar informasi, memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul petilasan Syech Maulana Ishaq dan Asta Bantongan ini, rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

Di kawasan Asta Bantongan atau petilasan Syech Maulana Ishaq ini, terdapat makam-makam kuno, diantaranya makam Bupati Banyuwangi pertama dan diyakini ada makam Pangeran Situbondo yang muksa serta makam para raden. (Heru/Bernas)

Ribuan jamaah pengajian umum dan Shalawat Bhenning (Heru Hartanto/BeritaNasional.id)
Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button