DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Bupati Situbondo Launching Program Pelayanan Kesehatan Gratis Harum Sehati

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM,-Bupati Situbondo Karna Suswandi melanching program Hadir Untuk Masyarakat Melayani Sepenuh Hati (Harum Sehati) yang digagas oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, Sabtu (6/5/2023).

Program Sehati ini merupakan pelayanan kesehatan dasar masyarakat yang di buka setiap malam Minggu di alun-alun Kota Situbondo, alun-alun Besuki dan Asembagus. “Setiap malam Minggu, kami adakan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat yang sedang bermain di Alun-alun Situbondo, Besuki dan Asembagus,” kata dr. Sandy Hendrayono Kepala Dinas Kesehatan Situbondo dalam laporannya.

Dalam program Harum Sehati ini, sambung dr. Sandy Hendrayono, Dinkes Situbondo disupport oleh puskesmas – puskesmas secara bergilir setiap malam minggu membuka pelayanan kesehatan gratis Program Harum Sehati ini. “Insya Allah, secara bergilir setiap malam Minggu teman-teman tenaga kesehatan, baik itu dokter, perawat dan bidan akan memberikan pelayanan gratis Program Harum Sehati,” kata dr Sandy.

Mudah-mudahan, sambung dr Sandy, program Harum Sehati ini bisa berjalan lancar dan diharapkan tenaga medis yang bertugas bisa menjaga kualitas pelayanan kesehatan gratis ini. “Pelayanan kesehatan gratis dari program Harum Sehati ini meliputi cek gula darah, kolestrol, tekan darah tinggi, konsultasi dokter dan pelayanan dasar kesehatan masyarakat lainnya,” kata dr. Sandy menutup laporannya.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi dalam sambutannya mengacungkan dua jempol atas Program Harum Sehati yang digagas Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo. “Luar biasa, kegiatan ini dilaksanakan oleh tenaga-tenaga kesehatan pada saat mereka menikmati hari libur, tetapi mereka tidak melakukan libur. Mereka tetap bersemangat untuk bisa melaksanakan tugas pengabdian untuk bisa menjaga kesehatan masyarakat Kabupaten Situbondo,” kata Bupati Situbondo yang akrab di sapa Bung Karna.

Lebih lanjut, Bung Karna mengatakan, demi memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat, jajaran tenaga medis Dinas Kesehatan dan Puskesmas-Puskesmas telah mengorbankan kepentingan pribadinya untuk melayani masyarakat yang ada di Kabupaten Situbondo. “Pelayanan kesehatan ini dilakukan pada malam Minggu, di saat semua orang meluangkan waktunya untuk keluarga. Tapi, petugas kesehatan atau tenaga medis di jajaran Dinas Kesehatan Situbondo justru bertugas atau bekerja melayanani masyarakatnya,” ujarnya.

Tak hanya itu yang disampaikan Bupati Karna, namun dia juga meminta kepada Dinas Kesehatan Situbondo untuk mendekatkan pelayanan yang terbaik di luar jangkauan Rumah Sakit dan Puskesmas yang ada di masing-masing kecamatan. “Akan lebih maksimal lagi jika Dinas Kesehatan membuka pelayan kesehatan di daerah-daerah terpencil atau daerah yang jauh dari pasilitas kesehatan. Saya mendengar ada dusun di Desa Gunung Malang, untuk mendapat pelayanan kesehatan harus ditempuh melalui nyebrang dua sungai, baru sampai ke fasilitas kesehatan,” ujar Bung Karna.

Oleh karena itu, lanjut Bung Karna, pihaknya akan mengajak Plt Kepala PUPR Situbondo dan pihak terkait lainnya untuk melihat kondisinya secara langsung. “Setelah kita melihat secara langsung dusun terpencil tersebut, maka saya akan minta jembatan gantung kepada Kementerian PUPR di Jakarta. Layanan kesehatan di dusun-dusun terpencil seperti itu, sangat dibutuhkan. Karena kondisi daerah mereka berbeda dengan jangkauan pelayanan kesehatan yang ada di kota-kota,” tuturnya.

Kalau di daerah-daerah terpencil seperti itu, ada layanan kesehatan yang lebih maksimal, sambung Bupati Karna, maka derajat kesehatan masyarakat akan terlayani lebih maksimal. “Hal ini perlu kita tindaklanjuti, sehingga kedepan kita mampu memberikan layanan yang terbaik bahkan Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo terus berkomitmen untuk menjaga kesehatan masyarakat yang ada di Kabupaten Situbondo,” jelasnya.

Sekali lagi, kata Bung Karna, pihaknya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sangat tinggi kepada jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo yang telah membuka pelayanan kesehatan gratis untuk masyarakat setiap malam Minggu di Alun-Alun Kota Situbondo, Asembagus dan Besuki. “Semoga pelayanan kesehatan gratis Program Harum Sehati bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,” pungkasnya. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button