DaerahJawa TimurKadesRagamSitubondo

Bupati Situbondo Minta Kades Tak Sembarangan Pecat Perangkat

SITUBONDO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id – Bupati Situbondo, Karna Suswandi, melantik 17 Kepala Desa hasil Pilkades serentak tahun 2022. Pelantikan Kades yang berlangsung di Pendapa Arya Situbondo ini, disaksikan Forkopimcam, Forkopimda, Kepala OPD dilingkungan Pemkab Situbondo dan tamu undangan lainnya, Rabu (7/12/2022).

Bupati Situbondo Karna Suswandi dalam sambutannya menghimbau kepada kades yang baru dilantik untuk tidak melakukan pemecatan kepada perangkat desa sembarangan. “Saya himbau kepada kades yang baru dilantik tidak memberhentikan perangkat desa sembarangan. Karena, untuk memberhentikan perangkat desa itu ada aturan dan ketentuannya, jadi jangan sembarangan memberhentikan perangkat desa,” pesan Bupati Situbondo kepada 17 kades yang baru di lantik.

Lebih lanjut, Bupati Karna mengatakan, para kades juga harus mematuhi peraturan perundang-undangan dan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Salah satu tugas kades dan perangkatnya melayani masyarakat. Oleh karena itu, jadilah pelayanan masyarakat yang baik,” saranya.

Para kades, sambung Bung Karna, harus mampu mengetahui potensi perangkat desanya dan mengetahui isi potensi alam yang ada di desanya masing-masing. Sehingga, bisa memberikan pelayanan terbaik dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. “Jika kita mengetahui isi potensi alam desa, maka Insya Allah bisa meningkatkan kesejateraan masyarakatnya,” kata Bung Karna.

Tak hanya itu yang disampaikan Bupati Karna, namun dia juga mengajak kepada para kepala desa yang baru dilantik agar semangat dalam membangun desa dan tidak tebang pilih dalam memberikan pelayanan masyarakat. “Para Kades juga harus mau memberikan reward kepada perangkat desa yang kinerjanya baik. Namun sebalik, ketika perangkat desa kinerjanya buruk, maka para kades harus memberikan panismen,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Pemberdayaan Masyarakat Desa Situbondo, Suriyanto, menjelaskan setelah acara pelantikan tersebut para Kades bakal mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas SDM. “Rencanakan pada tanggal 20 sampai 24 Desember 2022, kita akan melaksanakan Bintek kepada 17 kades yang baru dilantik,” ujarnya.

Berikut nama-nama 17 Kades terpilih yang dilantik Bupati Situbondo Desa Curah Suri, Kecamatan Jatibanteng, Suliman; Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa, Suswanto; Desa Kalisari, Kecamatan Banyuglugur, Nur Aini; Desa Kembangsari, Kecamatan Jatibanteng, Helmi; Desa Kendit Kecamatan Kendit, Rudiyanto; Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, Sugiono; Desa Klampokan, Kecamatan Panji, Adi Arso; Desa Kotakan, Kecamatan Situbondo, Saiful Iman.

Selanjutnya Desa Pesanggrahan, Kecamatan Jangkar, Rahman Rudianto; Desa Selomukti, Kecamatan Mlandingan, Dodit Hariyanto; Desa Semiring, Kecamatan Mangaran, Matharis Subiyanto; Desa Sliwung, Kecamatan Panji, Veri Anis Saudi; Desa Sumberargo, Kecamatan Sumbermalang, Jalis; Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih, Dwi Aris Suryono; Desa Sumberejo, Kecamatan Besuki, Hasanuddin; Desa Tambak Ukir, Kecamatan Kendit, Zainul Hasan dan Desa Wringin Anom, Kecamatan Asembagus, Edy Purwanto.

Publisher         :Heru Hartanto

Pewarta           :As’ad Zuhadi Anwar

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button