DaerahJawa TimurRagamSitubondoWisata

Bupati Situbondo Resmikan Akses Jalan Dari Sidomulyo ke Labuhan Merak

SITUBONDO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id – Peresmian akses jalan di Labuhan Merak kawasan Taman Nasional Baluran dari Dusun Sidomulyo hingga Dusun Merak Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo oleh Bupati Situbondo Karna Suswandi dimeriahkan dengan artis ibu kota Anji Drive, Minggu (18/12/2022).

Selama kurang lebih satu jam warga yang bermukim di Dusun Merak Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih dan masyarakat Kabupaten Situbondo lainnya larut dalam alunan lagu-lagu yang dibawakan oleh Anji.

Kegiatan yang di kemas dalam Symphony de Merak Menembus Batas ini diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo melalului Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan Kabupaten Situbondo tersebut sekaligus dilakukan penyerahan pemanang Juara lomba Fotografer, Videografi, Karya Jurnalistik dan Tik Tok Ekspoler Labuan Merkak Taman Nasional Baluran.

Selain meresmikan jalan kegiatan Symphony de Merak Menembus Batas ini juag memperkenalkan destinasi wisata Pantai Sijile, Bilik, Lempuyang Si Rondo, Balanan Kakapa, Batu Hitam dan Rumput Emas di kawasan Labuan Merak Taman Nasional Baluran.

“Pemkab Situbondo membuka akses jalan makadam sepanjang 10 kilometer dari Dusun Sidomulyo hingga Dusun Merak, Desa Sumberwaru ini agar ribuan masyarakat yang bermukim di Dusun Merak tidak terisolir lagi. Pembukaan jalan makadam ini juga sekaligus untuk memperkenalkan destinasi wisata pantai yang ada di Labuhan Merak Taman Nasional Baluran Situbondo,” kata Bupati Situbondo Karna Suswandi.

Dulu sambung Bupati Situbondo yang akrab dipanggil Bung Karna, warga Dusun Merak ketika akan belanja kebutuhan bahan pokok harus melalui jalan setapak dan laut untuk menuju ke kecamatan dan kota. “Kalau dulu masyarakat harus susahpayah menyelusuri jalan setapak dan jalur laut ketika akan membeli bahan pokok ke kota kecamatan. Tetapi sekarang masyarakat bisa melalui jalan darat mengunakan roda empat dan sepeda motor dengan nyaman dan bisa menghemat biaya transportasi,” kata Bupati Situbondo.

Lebih lanjut, Bupati Karna mengatakan bahwa, kegiatan ini terlaksana atas kolabolasi antar dinas di Kabupaten Situbondo, di antaranya Dinas Kominfo, Pariwisata, BPPD Situbondo serta dinas lain. “Promosi destinasi wisata dan pembukaan jalan dilakukan sebagai upaya agar masyarakat lokal, nasional bahkan internasional bisa berkunjung di destinasi wisata yang ada di Labuhan Merak ini. Saya yakin orang akan bisa berlama lama di sini, karena banyak pilihan destinasi wisata. Apalagi keindahan bawah lautnya sangat luar biasa bagusnya,” jelas Bupati Karna.

Akses jalan yang menuju ke Dusun Merak ini, kata Bung Karna, tidak akan diaspal tapi tetap jalan makadam. Untuk menyambungkan jalan ini tembus hingga ke tempat destinasi wisata lainnya yang ada di Labuhan Merak, pihaknya masih menunggu izin lanjutan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Kita akan kembali memohon kepada kementerian untuk melanjutkan pembangunan akses jalan hingga menuju destinasi wisata lainnya yang ada di Labuhan Merak. Yang jelas jalan ini dibangun belum sampai titik yang kita inginkan yakni hingga ke kawasan destinasi wisata Batu Hitam,” pungkasnya.

Sementara itu, warga Dusun Merak, Sugito mengatakan senang bisa menikmati akses jalan baru yang di bangun Pemkab Situbondo. “Sekarang untuk akses jalan bisa menggunakan kendaraan roda empat. Dan apabila kawasan destinasi wisata di sini dibangun, maka penghasilan warga Dusun Merak akan meningkat,” ujarnya. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button