ArtikelCitizenLiterasiOpiniRagam

Pengaruh Kolonialisme Masih Berdampak Sampai Sekarang

Oleh : Agung Septiadi *)

BeritaNasional.ID – Seperti yang kita ketahui kolonialisme adalah upaya yang dilakukan untuk memperluas wilayah oleh negara-negara penguasa dalam rangka menguasai suatu daerah atau wilayah untuk mendapatkan sumber daya. Kolonialisme umumnya dilakukan oleh negara-negara yang memiliki kekuatan lebih dibandingkan dengan negara lain.

Selain kerja paksa, dampak lain dari kolonialisme dan imperialisme di bidang ekonomi, Monopoli dan penguasaan suatu daerah atau koloni oleh penjajah yang menimbulkan situasi yang tidak sehat dalam hal perdagangan. Perekonomian bergeser dari pertanian pangan menjadi industri perkebunan.

Memasuki era globalisasi saat ini, tidak dinafikkan banyak dimensi dari kehidupan manusia yang telah mengalami transisi sedemikian maju dan pesat. Seiring dengan berkembangnya zaman, masyarakat banyak mengalami perubahan baik sosial, ekonomi, dan budaya, tanpa suatu dasar pertimbangan yang matang, kehidupan masyarakat desa dicekoki oleh kemajuan. Corak masyarakat yang sebelumnya kental oleh nilai-nilai budaya tradisional, seratus delapan puluh derajat kemudian berubah cara-cara hidupnya. Para pemuda/i di desa tidak lagi hidup dengan kultur khas kehidupan masyarakat mekanis yang santun, normatif dan bersahaja.

Mereka lebih gandrung dengan hal-hal yang berbau modern atau kekinian. Label pengakuan pun tumbuh di masyarakat mereka yang maju bersanding dengan globalisasi dalam hidupnya akan menempati status sosial yang tinggi. Alhasil, pola kebiasaan seperti pergi ke pusat-pusat perbelanjaan atau nongkrong di kafe dengan gaya hidup westernisasi (kebarat-baratan) pun lebih digemari.

Bahkan lebih mirisnya lagi ketika anak muda yang sering tidak mengenal akan budayanya sendiri dan lebih mengenal budaya barat, seperti halnya, kamu tau lagu daerah jawa, sunda atau lainya, mereka malah menjawab tidak tahu, yang mereka jawab, “Saya taunya lagu lagu inggris”, miris bukan, dilihat dari segi apapun memang pengaruh kolonialisme terhadap zaman yang modern ini amat dangat berpengaruh.

Sudah merdeka namun tanpa di sadari pengaruh budaya luar mulai masuk lagi secara perlahan, entah lewat jalur ekonomi, perdagangan maupun hal yang berbau media, jangan di anggap enteng untuk hal yang kelihatanya masih seperti biasa seperti sekarang, tetap jaga suku budaya kita, jangan sampai orang asing mengakui bahkan sampai berani mengambil.

Pesan saya, semoga kalian sehat dimanapun kalian berada, ingatlah sejauh apapun kamu pergi, Indonesia tetap menjadi bagian dari hidupmu, jagalah baik baik, harta dan tahtanya. (*)

*) Penulis adalah Mahasiswa Universitas Pamulang, Sastra Indonesia

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button