DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Bupati Situbondo, Serahkan Penghargaan Kepada 29 Desa Yang Lunas PBB

SITUBONDO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id – Sebanyak 29 desa di 11 kecamatan di Kabupaten Situbondo mendapatkan penghargaan dari Bupati Situbondo Karna Suswandi. Penghargaan dan penganugerahan tersebut diberikan kepada kepala desa karena desa tersebut berhasil melunasi Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) tahun anggaran 2022, Rabu (1/2/2023).

Selain itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi juga memberikan penghargaan kepada kecamatan dengan realisasi tertinggi pelunasan PBB. Yakni, Kecamatan Panji, Situbondo, Asembagus, dan Banyuglugur. “PAD di Kabupaten Situbondo terus mengalami peningkatan. Pada tahun tahun 2020 PAD Situbondo berjumlah sekitar Rp 200 milliar. Kemudian, di tahun 2021 meningkat menjadi Rp 220 miliar, dan pada tahun 2022 meningkat lagi menjadi Rp 276 miliar,” ujar Bupati Karna Suswandi dalan sambutannya.

Lebih lanjut, Bung Karna Sapaan akrab Bupati Situbondo, menjelaskan bahwa, dalam peningkatan perolehan PAD akan berdampak dan semakin meningkatnya ADD terhadap desa. Oleh karena itu, agar lebih meningkat lagi perlu partisipasi aktif seluruh kades se Kabupaten Situbondo dalam penarikan PBB. “Saya harapkan pada tahun 2023 ini diharapkan bisa lunas keseluruhan dalam pelaksanaan penarikan PBB-nya,” harapnya.

Selain itu, Bupati Karna menerangkan bahwa sebenarnya Situbondo dan kabupaten/kota yang lain dihadapkan dengan permasalahan yang cukup rumit. Karena, di samping DAU semakin berkurang. Kini, Pemerintah Pusat turut mengatur DAU, mulai dari gaji, PPPK, infrastruktur, dan lainnya. Hanya sisanya yang diberikan kepada Pemda untuk diatur.

“Kondisi seperti membuat fleksibilitas Pemerintah Daerah kian berkurang. Oleh karena itu, saya berharap semua pihak, tak terkecuali pemerintah desa untuk bisa membantu meningkatkan kemandirian fiskal masing-masing kabupaten/kota. “Untuk bisa meningkatkan kemandirian fiskal ini, saya tak bisa bergerak sendiri. Tapi perlu bantuan semua pihak,” pungkas Bupati Situbondo.

Sekedar informasi, penyerahan penghargaan itu berlangsung di pendopo Arya Situbondo dan dihadiri seluruh Kades dan Camat se Kabupaten Situbondo serta tamu undangan lainnya.

Pewarta           :As’ad Zuhaidi Anwar

Publisher         :Heru Hartanto

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button