AdvedtorialDaerah

Bupati Soppeng Bersama Rektor UIM Gelar Panen Jagung Variates Provit A1

BeritaNasional.ID, Soppeng – Bupati Soppeng  H. A. Kaswadi Razak, bersama Rektor Univesitas Islam Makassar (UIM) Dr.Ir.Majdah M.Zain, M.Si  melakukan panen jagung  variates provit A1 kerjasama Pemerintah Kabupaten Soppeng dengan Universitas Islam Makassar di demplot jagung sintetik di Tanabellange Kecamatan Donri-Donri. Kamis (11/6/2020).

Panitia pelaksana Ir.H.Yasin,M.A.gr  dalam laporannya mengatakan penangkaran jagung seluas kurang lebih 25 are ini dapat berhasil kita panen, jagung ini merupakan istilahnya jagung sintetik, jagung itu, terbagi dua berdasarkan pembentuknya yaitu jagun bersari bebas dan jagung hibrida, jagung bersari bebas dikenal open poneletik varite , jagung ini terbagi atas dua lagi yaitu jagung berasari bebas komposit dan sintetik.

“Yang  kita kembangkan saat ini yaitu jagung sintetik, induknya bukan dua, ada enam induknya, produktifitasnya tidak kalah dengan jagung hibrida,”kata Yasin.

Bupati soppeng H.A.Kaswadi Razak, dalam sambutannya mengatakan kami yakin dengan keihklasan kita semua tentu bagaimana disektor perkebunan khususnya budidaya jagung.

“Kita berharap bahwa pengembangan jagung ini,  tidak hanya sampai di sini.
kita tetap optimis di masa-masa mendatang penangkaran pengembagan jagung ini tetap berjalan terus,”ucap Kaswadi.

“Berbicara tentang perkebunan walaupun kita liat Soppeng tanahnya tandus, tapi kalau ditanami subur, walaupun daerah kita kecil tapi hasilnya bisa sama daerah lain. Corona bukan halangan bagi kita untuk beraktifita, apalagi sektor pertanian,  harus jalan terus,”lanjutnya.

Sementara Rektor UIM Dr.Ir.Majdah M Zain,M.Si dalam sambutannya mengatakan salah satu bisnis yang masih bertahan di masa pandemi ini adalah pertanian.

“Jagung varietas provit sintetik ini telah dikembangkan di beberapa daerah, termasuk  di Bangkalan di pulau Madura, dan hari ini  di Kab.Soppeng terbukti juga berhasil, jagung ini tidak kalah dengan jagung hibrida,”ucapnya.

“Tinggal bagaimana kita ini membuat istilahnya untuk memperkenalkan brandnya kemasyarakat,”lanjutnya.

Acara turut dihadiri civitas akademik UIM Makassar, Kadis Tanaman pangan dan Holtikultura Kab.Soppeng, Camat Donri-Donri, Kades Lalabata Riaja, Koordinator BPP se Kab.Soppeng, Para POPT, ketua KTNA Kab. Soppeng, KTNA Kecamatan se Kab. Soppeng, serta para kelompok tani se Kab. Soppeng.(*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button