Soppeng

Bupati Soppeng Hadiri Launching Sulsel Kebut Vaksinasi dan Telemedicine “Hallo Dokter”

 

BeritaNasional.ID, Soppeng – Plt. Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman secara resmi melaunching kegiatan Sulsel Kebut Vaksinasi dan Telemedicine “Hallo Dokter” yang ditandai dengan penekanan layar sentuh.

Dalam sambutannya, kegiatan ini adalah kegiatan untuk mengejar target-target vaksinasi yang tentu telah di drop ke Kabupaten/Kota dan juga Provinsi.

“Kita akan melakukan monitoring dan kontrol setiap hari serta pemerintah Provinsi juga akan turut langsung membuat tempat-tempat vaksinasi secara permanen,”kata Andi Sudirman.

Ia juga katakan Telemedicine merupakan sarana konsultasi, dimana fungsinya adalah agar pasien dapat lebih dikontrol, dokter dapat bekerja pada posisinya di rumah sakit yang tidak keluar secara terpisah, Tim tetap solid dan protokolnya jauh lebih efektif dan efisien.

“Kami berharap, kabupaten/kota termasuk para Bupati melakukan pembentukan zona secara lebih detail yang lebih terarah. Hal ini perlu untuk penetapan kebijakan antara Vaksinasi, PPKM mikro dan pemulihan ekonomi dapat berjalan secara berdampingan,” lanjutnya.

“Perlu kami sampaikan bahwa di provinsi sudah ada sistem sebagaimana yang diamanahkan oleh Menteri Keuangan untuk membuat sistem prosedur dalam tatanan sistem penganggaran di mana sistem ini dilakukan di secara online agar dapat berjalan dengan baik dan lebih cepat,”katanya lebih jauh.

Sementara Dr Arman Bausat, Sp.B, Sp.OT (Direktur Utama Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi Sulawesi Selatan) selaku Ketua Panitia, Sulsel Kebut Vaksin dalam laporannya, menyampaikan kegiatan ini adalah upaya pemerintah provinsi Sulawesi Selatan untuk mencapai target vaksinasi yang merupakan bagian dari upaya Penanganan dan pencegahan covid-19 di Sulawesi Selatan.

“Dalam kegiatan ini, seluruh Rumah Sakit, Puskesmas baik milik pemerintah atau swasta bekerjasama dengan dinas kesehatan provinsi maupun kabupaten/kota sudah membuat gerai-gerai vaksin yang telah menyediakan gerakan-gerakan vaksinator sehingga diharapkan capaian target vaksinasi 70% dapat dicapai,”jelasnya.

Selanjutnya ia katakan program kegiatan Hallo Dokter adalah merupakan program yang digagas oleh Plt. Gubernur dalam upaya membantu masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan yang melakukan isolasi mandiri untuk mendapatkan informasi terkait covid-19 serta penanganannya melalui aplikasi web. Masyarakat dapat mendaftar dan mengakses beberapa nomor telepon Dokter yang telah diatur jadwalnya secara online, dimana terdapat kurang lebih 50 tenaga medis yang akan bertugas, berasal dari 4 rumah sakit Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang akan bekerja selama 24 jam bergantian selama periode waktu yang telah ditentukan.

Pada kesempatan ini juga melalui Zoom meeting Bupati Soppeng turut menyampaikan laporannya kepada Plt. Gubernur bahwa terkait vaksin dimana kita ketahui bahwa masyarakat sangat membutuhkan vaksin ini, dan masyarakat Kab. Soppeng mudah diajak kerjasama agar mau divaksin, sehingga kami berharap vaksin ini dipercepat dan Provinsi mengkoordinir semua daerah agar distribusi vaksin merata di setiap daerahnya masing-masing.

“Terkait kasus Covid-19 yang ada di Soppeng, kami melakukan penelusuran dan menuntaskan jika ada kasus yang terpapar,” kata Kaswadi Razak.

“Kami berharap, jika ada kegiatan agar diseragamkan sehingga kita dapat satu suara dengan masyarakat. Kami butuh perintah yang tegas agar masyarakat awam juga paham dari setiap kebijakan yang dilakukan. Kami siap menghadapi apapun yang terjadi sebagai abdi negara, kami akan tetap konsisten dalam menangani ini dengan tetap bersikap tenang,”lanjutnya.(red)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button