DaerahSUMUT

Bupati Zahir Hadiri Screening Operasi Katarak Oleh Lion Club Medan

BeritaNasional.ID Batubara, Sumut – Bupati Batubara Ir. Zahir, M. Ap hadiri pelaksanaan Screening Operasi Katarak yang diadakan Lion Clubs Medan, Cakra Distrik 306 A2 di RS Sapta Medica, Minggu (20/02/2022).

Bupati Zahir didampingi Kadis Kesehatam PPKB drg. Wahid Khusyairi, MM mengucapkan terima kasih dan apresiasinya terhadap Lions Club yang andil meringankan beban masyarakat dalam hal kesehatan mata dan penglihatan.

“Semoga Lions Club semakin mantap dan solid dalam mengabdikan diri penuh keikhlasan dilandasi semangat tanpa pamrih serta ketulusan mulia memberikan uluran tangan kepada sesama melalui berbagai kegiatan dan forum-forum kerjasama,” ujar Zahir.

Berdasarkan data dari Puslitbang Pemberantas Penyakit Badan Litbangkes Depkes RI, katarak menjadi salah satu penyebab kebutaan terbesar (0,78%) di antara penyebab kebutaan lainnya.

Buta katarak menjadi penyakit yang degeneratif, yang umumnya diderita pada usia lanjut, namun 16% dari buta katarak di Indonesia terdapat pada usia produktif (40-54 tahun).

Perkiraan mulai terjadinya katarak adalah 15-20 tahun, sebelum menjadi buta. Faktor penyebabnya dapat berupa faktor intrinsik dan ekstrins. Katarak atau kekeruhan pada lensa mata masih menjadi salah satu penyebab utama 50 persen kebutaan di Indonesia.

Dalam arahannya Bupati Zahir menyebutkan untuk para peserta Screening sebelum mendapat perlakuan medis lebih lanjut, dengan kegiatan ini, masyarakat yang menderita katarak diharapkan dapat kembali sehat dan produktif, untuk bersama-sama membangun Indonesia khususnya di Kabupaten Batubara.

“Tak lupa saya terus mengingatkan kita untuk selalu mematuhi Protokol Kesehatan dengan 3M, karena kasus Covid-19 mulai terjadi peningkatan dan segera melakukan Vaksinasi Covid-19 di pos-pos pelayanan Vaksinasi untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” himbau Zahir.

Sementara itu Kadis Kesehatan drg Wahid berharap semoga dengan kegiatan yang sama dapat terus berlanjut sehingga mengurangi sejumlah angka penyakit di Kabupaten Batubara. (FTR-BB/01)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button