DaerahJawa TimurPertumbuhanRagamSitubondo

Capaian PNBP KSOP Panarukan Situbondo Melebih Target

SITUBONDO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Panarukan Situbondo, Jawa Timur, mencatat capaian Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) tahun 2022 yang ditargetkan oleh Direktorat Perhubungan Laut mencapai Dua Belas Miliar Tiga Ratus Empat Puluh Tujuh Juta Empat Ratus Dua Puluh Dua Ribu Rupiah melebih target, Kamis (2/2/2023).

Realisasinya dari capaian PNBP tahun 2022 ini melebihi target yakni sebesar Empat Belas Miliar Enam Ratus Lima Puluh Empat Ribu Dua Ratus Lima Puluh Lima Rupiah. “Setiap tahun untuk PNBP kami diberi target, dan alhamdulillah PNBP tahun 2022 melebih target,” ujar Herland Aprilyanto, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Panarukan Situbondo

Menurut Herland, petugas KSOP Kelas IV Panarukan Situbondo akan terus mengoptimalkan potensi-potensi yang ada untuk menambah atau meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). “Peningkatan PNBP ini, kami memaksimalkan potensi yang ada dengan menagih kepada pengguna jasa, salah satunya sewa perairan dan keluar masuk kapal Pertamina di Pelabuhan Kalbut,” kata Herland.

Pada tahun 2023 ini, sambung Herland, KSOP Kelas IV Panarukan kembali diberi target PNBP oleh Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sebesar Empat Belas Miliar Enam Ratus Enam Puluh Satu Juta Enam Ratus Dua Puluh Tiga Ribu Rupiah. “Sesuai arahan Menteri Perhubungan, kami akan terus bekerja maksimal untuk pendapatan negara dengan menagih kepada pengguna jasa sewa perairan laut,” jelasnya.

Herland menambahkan, untuk memenuhi target Penerimaan Negera Bukan Pajak pada tahun 2023 ini, pihaknya juga akan bersinergi dengan pemerintah daerah setempat dan mengoptimalkan pelabuhan Besuki, Panarukan, Kalbut, Jangkar dan Mimbo.

“Untuk mencapai target PNBP tahun 2023, kami akan bersinergi dengan pemerintah daerah, dan bekerja keras mengoptimalkan pelabuhan yang ada di wilayah Kabupaten Situbondo. Kami yakin dengan kerja keras petugas KSOP Kelas IV Panarukan Situbondo dapat memenuhi target PNBP tahun ini. Target PNBP yang dinaikan oleh Kementerian Perhubungan RI Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sebesar dua miliar,” pungkas Herland. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button