FashionMetroRagam

Cara Memilih Sarung yang Berkualitas dan Rekomendasi Merknya

BeritaNasional.iD — Sarung merupakan busana yang sering dipakai untuk beribadah salat oleh kaum muslimin di wilayah Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei, dan Thailand. Fungsinya adalah sebagai penutup aurat laki-laki mulai dari area perut ke bawah sampai mata kaki.

Selain untuk keperluan ibadah, masyarakat Asia Tenggara juga memakai sarung untuk busana sehari-hari. Selanjutnya, simak cara memilih sarung yang berkualitas berikut ini agar Anda merasakan kenyamanan saat memakainya:

1. Jahitan Harus Kuat dan Rapi

Perhatikan kualitas jahitan di bagian pinggang, sisi, dan ujung sarung untuk memastikan bahwa semuanya tidak cacat. Jahitan yang kuat membuat sarung lebih awet dan dapat Anda gunakan bertahun-tahun.

Kerapian jahitan juga penting, karena jahitan yang rapi membuat Anda bisa melipatnya dengan mudah dan sesuai dengan gaya yang diinginkan.

2. Pilih Ukuran yang Sesuai

Memilih ukuran sarung yang tepat juga penting. Karena nanti ukuran sarung akan mempengaruhi kenyamanan ketika Anda memakainya. Pilih sarung yang ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Sesuaikan dengan ukuran tubuh Anda supaya tubuh juga bisa bergerak lebih leluasa.

3. Terbuat dari Bahan Berkualitas

Biasanya, orang-orang terjebak dengan harga sarung yang sangat murah. Mereka cenderung abai terhadap kualitas bahan pembuatan sarung, karena sudah tergiur dengan harga yang ditawarkan. Kebanyakan sarung yang harganya sangat murah, bahannya juga murahan. Seperti terbuat dari bahan sintetis yang tidak nyaman dipakai dan tidak awet pemakaiannya.

Supaya Anda tidak salah pilih, belilah sarung yang menggunakan sutra, katun, atau rayon sebagai bahan dasar pembuatannya. Tidak hanya awet, sarung-sarung ini juga terbukti nyaman, halus, dan dingin saat Anda pakai.

4. Memilih Warna yang Cocok

Sarung sudah menjadi busana adat bagi masyarakat di negara-negara kawasan Asia Tenggara. Tidak hanya muslim saja yang memakainya, namun juga umat agama lain memakai sarung untuk berbagai acara.

Pemilihan warna sarung juga sebaiknya Anda perhatikan ketika membelinya di toko online terpercaya. Anda bisa memadukan warna sarung dengan baju atasan untuk acara-acara tertentu. Misalnya, sarung berwarna netral cocok dengan baju atasan apapun untuk pemakaian sehari-hari.

Perlu Anda ketahui, sarung yang berkualitas bagus warnanya tidak mudah luntur saat dipakai maupun ketika sedang dicuci.

5. Periksa Kerapatan Benangnya

Anda bisa mengetahui kekuatan sarung dengan memeriksa kerapatan benang dalam kain tersebut untuk mengukur kerapatan benangnya.

Lalu, bagaimana cara memeriksanya? Pertama, gunakan senter atau lampu sebagai alat bantu. Kemudian arahkan cahaya pada area jahitan kain, dan perhatikan seberapa rapat benang tersebut tersusun.

Jika cahaya dengan mudah tembus ke sarung, hal ini menunjukkan bahwa tingkat kerapatan benang pada kain tersebut mungkin relatif rendah. Pilih kain yang tidak mudah ditembus oleh cahaya senter, karena itulah sarung yang kainnya kuat.

Rekomendasi Merk Sarung yang Berkualitas

Menjelang bulan Ramadhan, iklan sarung mulai banyak yang tayang baik di televisi maupun layanan aplikasi video seperti Youtube dan sejenisnya. Tetapi, merk sarung mana yang benar-benar memiliki kualitas terbaik?

1. Sarung Wadimor

Wadimor merupakan salah satu merk sarung terkenal di Indonesia. Merk ini bisa terkenal seantero nusantara karena kualitasnya yang lebih baik daripada merk lainnya. Sarung ini terbuat dari bahan yang halus dan kuat serta memiliki corak motif yang lengkap sehingga bisa Anda sesuaikan dengan keinginan.

2. Sarung Gajah Duduk

Sarung ini sudah lama populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bahan kainnya sangat nyaman ketika dipakai dan bisa dilipat dengan mudah. Sarung Gajah Duduk bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang sedang mencari sarung berkualitas.

Sarung sudah menjadi bagian dari budaya Indonesia sejak lama. Penggunaannya yang fleksibel membuat barang ini akrab bagi masyarakat Indonesia. Sekarang ada rekomendasi sarung terbaik yang bisa dengan mudah Anda dapatkan di Blibli.

Blibli adalah toko online yang mempunyai banyak pengguna karena kualitas barang yang dijual di sini sangat bagus. Blibli juga sering menawarkan berbagai macam promo menarik dengan diskon besar pada tanggal-tanggal tertentu. Di sini Anda bisa dengan mudah menemukan barang-barang ori dan berkualitas seperti sarung, dan tentunya dengan harga terjangkau daripada di tempat lain.

Cara memilih sarung yang berkualitas kini bisa Anda lakukan ketika mau membelinya. Pastikan Anda membeli sarung berkualitas di toko yang aman, terpercaya, dan pengirimannya cepat. (*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button