AdvedtorialBone Bolango

Cegah Gesekan Jelang Pemilu 2024, Merlan: Kerukunan antar Ummat Beragama Harus Dijaga

BeritaNasional.ID, BONE BOLANGO GORONTALO – Pelaksana Tugas Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli berharap kerukunan antar ummat beragama di Kabupaten Bone Bolango terus dijaga dan dirawat untuk mencegah terjadinya gesekan jelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang.

Menurutnya, kunci utama suatu daerah dalam menjaga tolerasi adalah terus merawat kebersamaan, keharmonisan, dan kerukunan antar sesama umat beragama atau antar sesama kita masyarakat Kabupaten Bone Bolango.

“Semangat untuk bagaimana menjalin toleransi antar ummat beragama di Kabupaten Bone Bolango harus terus terjaga dengan baik,” ungkap Plt. Bupati Merlan Uloli, yang juga Ketua Pimpinan Cabang Muslimat NU Bone Bolango itu saat membuka kegiatan sosialisasi dan evaluasi kerukunan ummat beragama yang mengangkat tema merawat dan menjaga tolerasi di bumi Bone Bolango yang digelar oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bone Bolango tahun 2023, di Hotel Yulia Kota Gorontalo, Kamis (09/11/2023).

Sebelumnya, Ketua Panitia Sunaryo Usman, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan oleh FKUB Bone Bolango tujuannya untuk meningkatkan peran tokoh agama dalam menjaga dan memelihara kerukunan serta mendukung program pemerintah dalam pembangunan mental dan spiritual umat beragama.

Ditegaskan pula bahwa sosialisasi dan evaluasi ini dilaksanakan untuk mengantisipasi kejadian yang menyebabkan gesekan-gesekan dan keributan yang mengatasnamakan agama dalam kehidupan sehari-hari, terutama menjelang Pemilu tahun 2024 mendatang yang sudah mulai dirasakan hiruk pikuknya saat ini.

“FKUB Bone Bolango akan hadir terdepan dan menjadi sebuah wadah, menjadi salah satu solusi agar tolerasi antar umat beragama tetap terjalin dengan baik. Mampu meredam hal-hal kecil agar tidak menjadi besar, sehingga gesekan serta perpecahan tidak akan pernah terjadi di bumi Bone Bolango,”.tandasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone Bolango, Sabara Karim Ngou, Ketua FKUB Bone Bolango Adam K. Tadu bersama pengurus dan anggota, Ketua PCNU Bone Bolango Suleman Adadau, Kepala KUA se Bone Bolango, tokoh masyarakat dari Ormas NU dan Muhammadiyah, tokoh agama Islam, Kristen, dan Hindu. (adv/noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button