ACEH

PKB Ahli Utama BKKBN-RI Tinjau Dapur Dashat Aceh Utara

BeritaNasional.ID | Aceh Utara – Penyuluh KB Ahli Utama BKKBN RI, Ir. Siti Fatonah, MPH, meninjau pelaksanaan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) di Desa Ulee Pulo, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Kamis, (9/11/2023).

Dalam arahannya pada acara pelaksanaan Dapur Dashat tersebut, Fatonah menekankan agar para ibu-ibu dalam mengolah dan menyiapkan makanan kepada keluarganya, harus benar-benar memilih makanan yang kaya gizi dan protein.

Tak hanya itu, Fatonah juga menyemptkan untuk berdialog dengan Wakil Ketua Persagi (Persatuan Ahli Gizi) Aceh Utara, Sri Mulyati, MKM, para kader Posyandu, Tim Pendamping Keluarga (TPK), PPKBD dan Sub.PPKBD maupun dengan para ibu-ibu yang hadir pada acara penyuluhan Dapur Dashat tersebut.

Disisi lain, Fathonah yang juga mantan Kepala Biro Perencanaan BKKBN-RI itu mengatakan, Keberadaan Dashat (Dapur Sehat Atasi Stunting) yang ada di Kampung KB  (Keluarga Berkualitas) ini diharapkan menjadi pusat gizi serta pelayanan pada anak stunting. BKKBN bersama para ahli gizi telah menyusun menu sehat dengan konsep produk lokal karena sekaligus memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat sendiri, tandas Siti Fatonah.

Dihadapan peserta kegiatan DASHAT tersebut.

“Program Dashat ini merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga berisiko stunting yang memiliki calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, baduta, balita stunting terutama dari keluarga kurang mampu. Yaitu melalui pemanfaatan sumber daya lokal, termasuk bahan pangan lokal yang dapat dipadukan dengan sumber daya atau kontribusi dari mitra lainnya,”tandas Fathonah

Sementara itu, Kepala DPM-PPKB Aceh Utara, Fakhruradhi dalam sambutan sebelumnya menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan Dashat ini adalah sebagai sarana pembelajaran dalam memilih, menentukan dan mengolah makanan yg penuh gizi dan kaya protein untuk pencegahan dan percepatan penurunan Stunting.

Fakhruradhi juga menyampaikan bahwa kunjungan Ibu Fatonah bersama Kaper-BKKBN Aceh, Ibu Safrina Salim ke Aceh Utara dalam rangka melakukan peninjauan sejumlah kegiatan Program Bangga Kencana termasuk kegiatan percepatan penurunan Stunting.

Lanjutnya, dimana sehari sebelumnya Ibu Fatonah juga mengadakan silaturahmi dengan TPPS Kabupaten Aceh Utara dan para PLKB serta TPK di Pendopo Bupati, sedangkan pada hari ini bersama Kaper-BKKBN Aceh dan rombongan juga sempat menyambangi dan bersilaturahmi dengan siswa-siswi SMK di Kecamatan Tanah Luas.

“Usai meninjau Pelayanan KB Gratis yang dipusatkan di Puskesmas Syamtalira Arun, baru kemudian hadir di Desa Ulee Pulo. Kehadiran Ibu Fatonah dan Ibu Kaper BKKBN Aceh ke daerah ini, semakin menyemangati kita dalam berkerja untuk percepatan penurunan stunting didaerah kita ini,” tutup Fakhruradhi.

Untuk diketahui, pada kunjungan tersebut Siti Fatonah didampingi Kepala Perwakilan BKKBN-Aceh, Safrina Salim, SKM, MKes, Kadis DPM-PPKB Aceh Utara, Fakhruradhi, SH. MH, Koordinator Pokja Aceh Utara. Razali, SE, Camat Dewantara dan unsur TPPS Kabupaten serta unsur TPPS kecamatan setempat. (*fadhil)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button