DaerahSulbar

Cegah Stunting , H.A.Ruskati Gelar Temu Konstituen

BeritaNasional.id.Polman.Sulbar–Anggota Komisi IX DPR-RI Dapil Sulawesi Barat (Sulbar) Hj. Andi Ruskati Ali Baal terus menggiatkan kampanye kesehatan produksi (Kespro) dan tekankan para ibu perhatikan gizi anak guna menekan kasus gagal tumbuh alias stunting.

Hal tersebut disampaikan Hj. Andi Ruskati Ali Baal saat temu konstituen di Markas Besar Baruga Todilaling, Kecamatan Matakali Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Selasa (31/01/2023).

Cegah Stunting , Hj A.Ruskati temu Konstituen didamping A.Ian Rusali , Sekretaria Partai Gerindra DPC Polman Makmun , Anggota Dprd Polman H Suardi dan Dwiki anggota Dprd Polman fraksi Gerindra . (Foto yuni bernas)

Andi Ruskati Ali Baal menjelaskan salah satu penyebab munculnya kasus stunting karena nikah usia anak. Hal ini terjadi karena rendahnya pengetahuan tentang kesehatan produksi (Kespro). Untuk mengatasi masalah ini diperlukan kampanye kespro bagi keluarga dan remaja.

“Tolong sampaikan kepada anggota keluarga, masyarakat dan lingkungan agar terus mengenali kespro dan cegah pernikahan usia dini (dibawah umur), sehingga kasus stunting di daerah kita mengalami penurunan sesuai target pemerintah pusat,” Ujar Hj. Andi Ruskati.

Selain itu, stunting juga disebabkan kekurangan gizi kronis. Akibat gizi rendah pertumbuhan anak menjadi terganggu. Kondisi demikian, sangat berpotensi membuat Indonesia gagal memiliki generasi emas khususnya generasi yang ada di Kabupaten Polman.

“Sebagai generasi penerus, bagaimana anak kita bisa cerdas jika sejak dini tidak diperhatikan pola makan dan gizinya, jangan sering dikasi makan Mie ataupun makanan instan lainnya, tapi biasakan mengonsumsi sayur-sayuran dan ikan laut,” Terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, perempuan yang akrab disapa Bau Atti juga membagikan telur dan Biskuit Balita kepada para ibu dan anak yang hadir untuk menopang gizi dan protein anak.

lanjut, Istri dari Mantan Gubernur Sulbar itu kemudian mengajak seluruh stakeholder di daerah ini untuk terus menggiatkan kampanye kesehatan produksi (Kespor) dan Pola hidup sehat guna menekan kasus stunting dimana Provinsi Sulbar diperingkat kedua tertinggi se Indonesia.

Adapun yang hadir mendampingi Andi Ruskati diantaranya Andi Ian selaku Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Polman, Sekretaris dan Bendahara H. Suardi yang tak lain juga Anggota DPRD dapil Matakali, serta Anggota DPRD fraksi Gerindra Andi Dwiki Juliar Nursada.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button