Megapolitan

CFD Di Masa PSBB Transisi Pemprov DKI Belum Rencana Buka Kembali

BeritaNasional.ID Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyampaikan, meski di masa Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi, Pemprov DKI Jakarta belum berencana membuka hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau Cara Free Day (CFD).

“Sampai hari ini car free day belum dibuka,” ujarnya, di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (21/10/2020).

Menurut pria yang akrab disapa Ariza itu, aktivitas bersepeda merupakan hal yang aman, karena antara pesepeda yang satu dan lainnya saling mengatur jarak. Kendati demikian, yang membuat rentan penularan justru terjadi setelah kegiatan bersepedanya.

“Tapi sebelum dan sesudah bersepeda itu, seperti kongkow atau kumpulnya sambil istirahat, mengobrol, itu kan menimbulkan kerumunan,” jelasnya.

Karena alasan itulah hingga kini Pemprov DKI belum akan kembali membuka kegiatan CFD di setiap akhir pekan. “Sehingga sementara, sejak kita lakukan PSBB ketat (CFD) ya belum kita buka, masih kita tutup,” pungkasnya.

Pada masa PSBB transisi sebelumnya Pemprov DKI Jakarta sempat mengizinkan kegiatan Car Free Day (CFD) di kawasan Sudirman-Thamrin. Namun, kegiatan tersebut dinilai berpotensi besar terjadi penularan Covid-19.

Kemudian, Pemprov DKI menghentikan kegiatan CFD di Sudirman-Thamrin dan sebagai gantinya menyebar kegiatan olahraga akhir pekan tersebut di 30 Kawasan yang tersebar di 5 wilayah Administrasi pada tanggal 26 Juli 2020, untuk menjadi area alternatif masyarakat Ibukota dalam berolahraga.

Namun, sejalan dengan angka penularan Covid-19 yang makin meninggi akhirnya seluruh kawasan CFD tersebut dihilangkan. (BerNas/DKI)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close