DaerahJawa TimurSitubondo

Cuaca Ekstrem, Satpaolairud Polres Situbondo Patroli dan Larang Nelayan Melaut

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JATIM-Satpolairud Polres Situbondo melaksanakan patroli untuk memberikan imbauan kepada nelayan terkait informasi peringatan dini (early warning) dari BMKG, Jumat (15/03/2024).

Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, SH, SIK, MH melalui Kasatpolairud AKP Gede Sukarmadiyasa menyampaikan banwa menyikapi peringatan dini (early warning) terkait cuaca ekstrem dari BMKG tersebut, maka Bhabinkamtibmas Satpolairud melaksanakan patroli sambang nelayan door to door dan melakukan mengimbau untuk tidak melaut dan waspada terhadap potensi bahaya gelombang tinggi di laut.

“Kondisi cuaca saat ini sangat ekstrem, hujan deras disertai dengan angin kencang. Ini sangat berpotensi membahayakan bagi masyarakat nelayan yang beraktivitas di mencari ikan di laut,” jelas Kasatpolairud AKP Gede Sukarmadiyasa.

Lebih lanjut, AKP Gede Sukarmadiyasa menjelaskan, hasil pantau personil Satpolairud bahwa cuaca di perairan Situbondo sejak seminggu yang lalu sangat ekstrem. Kecepatan angin di perairan mencapai 24 Knot atau 44 km/jam dan gelombang laut dapat mencapai 1,3 -2 meter.

“Berdasarkan data tersebut, kami Satpolairud Situbondo mengimbau kepada nelayan dan masyarakat yang bertempat tinggal di pesisir untuk antisipasi bencana hidrometeorologi seperti banjir rob atau angin puting beliung serta petir. Dan juga bagi nelayan yang bekerja di karamba yang akan memberi makan ikan atau menjaga di rumah keramba juga diwajibkan gunakan life jaket atau alat keselamatan lainnya,” tutur AKP Gede.

Keselamatan masyarakat, sambung AKP Gede, merupakan prioritas utama. Kewaspadaan terhadap cuaca ekstrem merupakan bentuk perlindungan diri dan sesama. “Saya harapkan para nelayan dan masyarakat pesisir mematuhi imbauan dari Kepolisian demi menjaga keselamatan semua orang,” pungkasnya. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button