Sulbar

Cuaca Ekstrim, Dinas Social dan BPBD Mamuju Lakukan Aksi Cepat

Mamuju.Beritanasional.id –Korban terdampak cuaca ekstrem yang terjadi akibat Air laut pasang dan angin kencang yang terjadi tadi malam di Kecamatan Tapalang dan Tapalang Barat, langsung mendapat reaksi cepat dari Dinas Sosial serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mamuju.

Lewat Arahan Bupati Mamuju H.Habsi Wahid yang ditindaklanjuti Sekretaris Daerah H.Suaib, Sejumlah instansi teknis melakukan pertemuan di kediaman Sekda, jl.Pengayoman, Minggu pagi, (12/01/2020).

Usai pertemuan singkat tersebut, semua perangkat teknis diperintahkan menuju kelokasi, dan sekira pukul 10:30 WITA, Kepala Dinas Sosial yang telah berada di titik terparah, memastikan telah menerima data sementara korban terdampak, yakni 11 rumah warga rusak, ditambah 1 sekolah juga mengalami nasib yang sama.

Melalui sambungan telepon seluler, Kepala Desa Taan, kecamatan Tapalang, Rahmat Kasim mengatakan, puncak kejadian terjadi pada pukul 17:30 WITA jelang magrib, air laut menerjang masuk ke rumah-rumah warga dan menyebabkan kerusakan, meski tidak terdapat korban jiwa namun kondisi tersebut masih harus diwaspadai kata dia, olehnya ia bersama Camat, Babinsa, BPBD dan Dinas Sosial menghimbau warga untuk sementara mengungsi ditempat yang lebih aman, karena hingga saat berita ini diturunkan masih ada warga yang memilih bertahan di rumah mading-masing.

“Kami akan lihat perkembangannya, karena cuaca sekarang tidak bisa diprediksi jadi harus diungsikan dulu,” pungkas Rahmat.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mamuju, Lutfi Muis yang berada dilokasi memastikan telah mempersiapkan langkah taktis untuk memberikan bantuan kepada korban bencana.

“Langkah awal kami akan didirikan posko sementara untuk menampung warga di sekitar masjid desa Taan, selanjutnya seluruh tim akan melakukan survey ke desa lain hingga ke kecamatan Tapalang barat untuk di data dan dilakukan tindakan,” ungkap Litfi Muis.

Selain oleh Kadis. Sosial Lutfi Muis dan Kepala BPBD Mamuju Ali Rahman, tim juga didampingi Kepala BPKAD Budianto Muin, sehingga langkah yang dilakukan akan langsung terkorelasi lintas sektor.

Berikut nama pemilik rumah korban terdampak bencana cuaca ekstrem di Tapalang ;

1. Amiruddin
2. Baharuddin
3. Fahri
4. Baharuddin S
5. Astar Nu’mang,
6. Muh.Sahid
7. Rasada’
8. Ukka
9. Baddu
10. Lukman
11. Sekolah SDN Serang Desa Taan

Laporan : Hms

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button