DaerahSulawesi

Inovasi Baru, Desa Lompulle Luncurkan Alat Pendeteksi Banjir

image_pdf

BeritaNasional.ID, Soppeng – Pemerintah Desa Lompulle, Kecamatan Ganra, Kabupaten Soppeng bentuk inovasi baru dengan meluncurkan alat pendeteksi dini bencana banjir. Sebuah inovasi teknologi yang berguna memberikan informasi update tentang kondisi ketinggian air di sungai Walennae.

Ketua Tim Inovasi Desa Lompulle, Saharuddin mengungkapkan bahwa alat tersebut dilengkapi 3 sensor berdasarkan level ketinggian air dan setiap air sungai mencapai level tertentu.

“Ia secara otomatis alat akan mengirimkan pesan singkat (SMS) ke nomor ponsel yang sebelumnya sudah terdaftar dalam program alat tersebut,”ungkapnya.(12/1).

Selain itu, alat itu dilengkapi dengan Sirine yang akan berbunyi secara berkala apabila air sudah mencapai level 2 (Waspada) dan akan berbunyi tanpa henti dalam jangka waktu tertentu apabila air sudah mencapai level 3 (awas) untuk memperingatkan warga agar mengungsikan barang atau ternaknya ke tempat yang aman.

“Praktisnya, kita juga bisa menanyakan kondisi ketinggian air sungai setiap saat kepada alat ini dengan menelpon langsung alat ini (Bagi no yang terdaftar) dan secara otomatis, alat ini akan mengirimkan pesan yang berisi informasi ketinggian air sungai,” Jelas Ketua Tim Inovasi Desa Lompulle itu.

Sementara itu, Kepala Desa Lompulle Amri menuturkan bahwa dengan diluncurkannya alat pendeteksi dini banjir ini, semoga masyarakat bisa sigap dalam menghadapi kedatangan banjir.

“Semoga Desa Lompulle dengan bertransformasi jadi Desa yang siaga bencana sehingga masyarakat bisa sigap hadapi banjir,”harap Amri.(Kifli)

Show More

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!
Close