BanjirDaerahRagamSosialSumateraSUMUT

Dampak Banjir, Camat Beserta Lurah Lakukan Pengobatan Gratis

BeritaNasional.ID, Langkat – Dihari kelima, Camat beserta Lurah Pekan Tanjung Pura menggelar pengobatan gratis. Pengobatan gratis terkait dampak banjir yang menggenangi pemukiman warga di Kelurahan Pekan Tanjung Pura. Genangan banjir terjadi akibat dranase yang tumpat, serta hilangnya beberapa pintu air/pintu klep, serta hilangnya mesin pompa air (mesin pompa club/mesin tambak). 

Bencana alam banjir terjadi akibat tingginya curah hujan serta terjadinya rembesan air dari sungai Sei Batang Serangan di Tanjung Pura yang debit airnya meningkat. Akibat banjir ini, berdampak terjadi serangan penyakit gatal-gatal yang menimpa warga.

Menindak lanjuti dampak warga yang terserang penyakit gatal-gatal, Camat Tanjung Pura Muhammad Nawawi, S.STP, MSP, dan Lurah Pekan Tanjung Pura,  Suwanto, S.Sos, MAP, beserta para Kepling (Kepala Lingkungan) dan para bidan desa menggelar pengobatan gratis kepada masyarakat, Senin (31/10/2022).

“Ini sudah hari kelima kita melakukan pengobatan gratis ke wargawarga. Pengobatan gratis ini kita lakukan dibeberapa titik di Lingkungan Kelurahan Pekan Tanjung Pura. Pengobatan gratis ini terlaksana atas kerjasama dengan pihak Puskesmas Pantai Cermin,” sebut M. Nawawi.

Kita sudah mendata dan ada program jangka menengah akan kita lakukan untuk mengantisipasi banjir ini. Tahun depan kita upayakan ada perbaikan pintu klep/pintu air, dan pembenahan dranase di Kelurahan Pekan Tanjung Pura ini. Saat ini kita tetap melakukan monitoring banjir, dan berupaya mengurangi genangan banjir, salah satunya tetap mengoptimalkan mesin pompa wadup tetap hidup, dan menutup celah atau rembesan air yang masuk dari pintu klep dan tanggul sungai.

Camat Tanjung Pura yang ditanya terkait ada tidak bantuan berupa Sembako yang akan diberikan kepada warga, M. Nawawi mengatakan, saat ini belum ada, tapi kita ada bermohon ke Provinsi, ke Pemkab Langkat serta danatur, bebernya.

Lurah pekan Tanjung Pura Suwanto mengatakan, dampak banjir menggenangi 660 Kepala Keluarga (KK). Genangan air yang masuk kehuniaan rumah warga berkisar 165 rumah. Ketinggian air berkisar 15 Cm-30 Cm.

“Data banjir yang mengenai pemukiman rumah warga, dan masih tergenangnya pemukiman warga sudah kita laporkan kepada Pak Camat,” sebut Suwanto

Aisyah (54) Warga Lingkungan III Kelurahan Pekan Tanjung Pura mengatakan ucapan terimakasih kepada Camat dan Lurah, karena dilaksanakannya pengobatan gratis.

“Kami disini warga terkena gatal-gatal, dan tadi kami sudah diperiksa, dan diobati, diberi salap serta pil (obat-obatan), mudah-mudan penyakit kami ini sembuh,” harapnya.

Aisyah juga menuturkan banjir mengenangi pemukiman warga sudah15 hari ini. (Reza)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button