Jawa TimurProbolinggo

Dandim 0820/Probolinggo Hadiri Apel Peringatan Hari Santri Nasional

BeritaNasional.ID, PROBOLINGGO JATIM -Komandan Kodim 0820/Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto meghadiri apel bersama dalam rangka hari santri nasional ke IX tahun 2023 di alun-alun Kraksaan Kabupaten Probolinggo, Minggu pagi (22/10).

Dengan tema jihad santri jayakan negeri, tampak hadir dalam kegiatan tersebut Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto, jajaran forum kordinasi pimpinan daerah Kabupaten Problinggo, kepala organisasi perangkat daerah, camat serta sejumlah tamu undangan.

Letkol Arm Heri Budiasto mengatakan kegiatan apel peringatan hari santri nasional (HSN) merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun sekali seiring dengan keputusan Presiden nomor 22 tahun 2015 tentang penetapan tanggal 22 Oktober sebagai hari santri nasional.

“Hari ini adalah hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia khususnya untuk santri Indonesia dalam rangka mempertahankan kemerdekaan Indonesia melalui resolusi jihad yang dicetuskan oleh pendiri NU KH. Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober 1945,” kata Dandim 0820/Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto.

Ia menambahkan bahwa santri saat ini sudah merambah dalam berbagai profesi untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan kemajuan bangsa Indonesia, Jadilah santri yang tetap mempertahankan perilaku sebagai seorang santri.

“Hari Santri merupakan sebagai momentum untuk mengabdikan dirinya untuk menjaga moral masyarakat untuk membawa kemajuan Indonesia, semoga peringatan hari santri tahun ini menjadi titik awal kebangkitan para santri untuk mengabdikan diri kepada masyarakat dan bangsa Indonesia,”ujarnya.

Untuk diketahui dalam apel hari santri nasional kali diserahkan bantuan sosial oleh Baznas Kabupaten Probolinggo kepada santri dhuafa, yatim dhuafa, marbot masjid, fakir dhuafa dan penyerahan rumah tidak layak huni kepada 11 penerima manfaat.

***yul

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button