TNI Dan Polri

Danlanud Soewondo Hadiri Semarak HUT TNI Ke-74 di Ringroad City Walks Medan

BeritaNasional.ID Medan – Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Meka Yudanto, S.Sos., M.A.P hadiri acara semarak HUT ke-74 TNI tahun 2019 di halaman gedung Ring Road City Walks Plaza. Senin (30/9/2019) Jam 15:00 WIB.

Berbagai lomba dan kegiatan digelar disini diantaranya donor darah, lomba pidato bertema bela negara, lomba nyanyi lagu-lagu perjuangan, Fashion show etnik yang memperebutkan piala Pangdam I/BB serta di isi dengan pameran alutsista TNI dari berbagai kesatuan diantaranya adalah Kaveleri yang menampilkan kendaraan tempur lapis baja, Linud 100, Zipur dan lain sebagainya.

Acara ini turut dihadiri oleh Pangdam I/BB dan para asisten, Kapolda Sumut dan PJU, Gubernur Sumatera utara yang diwakili oleh asisten Pemerintahan, Wakil Wali kota Medan, Danlanud Soewondo, Dandim 0201/BS, Kapolrestabes Medan, para veteran dan warakawuri, Prajurit TNI, Perwira, Bintara dan Tantama dari Angkatan Darat, Laut dan Udara.

Pangdam I/BB, Mayjen TNI, MS. Fadhilah dalam kata sambutanya mengatakan bahwa ia berdiri bukan hanya bertindak sebagai diri sendiri atau selaku Pangdam I/BB saja namun juga mewakili dari teman-teman dari Tentara Nasional Indonesia sebab acara ini digelar dalam rangka HUT TNI ke-74. Maka saya berdiri disini mewakili TNI Angkatan Laut dan Udara.

“Saya pertama-tama mengucapkan terimakasih kepada panitia dan rekan-rekan yang telah membantu hingga terlaksananya acara ini hingga nanti puncaknya pada tanggal 5 Oktober, khususnya kepada adik-adik yang telah mengikuti acara ini, seperti ananda Rivalino yang sangat luar biasa, banyak adik-adik yang mempunyai kemampuan seperti Rivalino dan kebetulan adik kita ini adalah putra dari Anggota Polri yang bertugas di Brimob Poldasu. Mudah-mudahan dengan bakat seperti ini dapat menjadi virus bagi adik-adik lainya dalam membagun negara yang kita cintai ini melalui berbagai kemungkinan yang dimiliki. Terima kasih juga pada adik-adik kita yang telah menunjukan kemampuanya dalam hal fashion show yang juga dalam rangka mencintai seni dan budaya bangsa kita yang multi etnis, saya bangga akan hal ini,” ucap Pangdam.

Lanjutnya lagi, begitu juga dengan adik-adik yang mengikuti lomba nyanyi, ia turut mengucapkan terimakasih kepada pemerintah kota Medan dan Provinsi yang telah memberikan ruang dan kesempatan bagi adik-adik kita ini untuk mengexpresikan kemampuan yang ada didalam dirinya melalui acara ini.

“Dalam HUT TNI ke 74 temanya sederhana yaitu” TNI Profesional Kebanggaan Rakyat” untuk itu kami meyakini secara internal melakukan perbaikan-perbaikan untuk meningkatkan Profesionalisme tetapi secara external, kita tak boleh lupa bahwa TNI berasal dari rakyat, bersama rakyat membangun negeri tercinta ini. Untuk itu makanya kami lakukan seperti hari ini. Pameran alutsista juga merupakan tanggung jawab moral kita kepada rakyat, kepada para veteran yang hadir, kita meyakini, TNI besar seperti sekarang ini juga berkat jasa-jasa dan upaya dari bapak-ibu veteran juga,”ucap Mayjen TNI, MS. Fadhilah.

Usai pangdam memberikan kata sambutan acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada pecinta dan pengiat Sungai Deli.

Kemudian acara di isi dengan penampilan band TNI dan penampilan 10 orang finalis Fashion show etnit serta penampilan dua orang finalis lomba nyanyi perjuangan.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba dan salah satu lomba yang paling menarik perhatian adalah pengumuman lomba fashion show etnis yang mana keluar sebagai juara pertama adalah Cinta Sahrasvina yang merupakan siswi dari SMA Negeri 12 dan sebagai juara kedua adalah Diva Aura Nisa yang merupakan binaan dari Barbie Via Production yang bertempat di Jalan Pukat Banting I no 49 Mandala serta yang keluar sebagai juara ketiga adalah Sarah Audina Tanjung, Siswi SMA Negeri 1 Medan.

Usai mengumumkan para pemenang lomba acara dilanjutkan dengan pemberian tali asih kepada para veteran. Sempat terjadi suasana haru di lokasi pada saat Pangdam I/BB yang didampingi oleh Kapoldasu, Irjen Pol Agus Andrianto, Kasdam I/BB, yang mewakili Gubernur Sumatera utara, Wakil Wali kota Medan, Danlanud Soewondo saat membagikan tali asih dalam rangka HUT TNI ke 74 kepada para veteran, Para anggota TNI yang mengalami sakit yang menahun dan masyarakat dan kaum duafa yang memerlukan kursi roda.

Salah satu anggota TNI dari Angkatan darat bertanya pada Pangdam” izin Panglima saat negara membutuhkan, apakah tenaga kami masih dibutuhkan, kami siap,” ucap Anggota TNI berpangkat kapten, namun dengan senyuman Pangdam menjawab, “Tenaga kalian tentu masih sangat dibutuhkan negara ” mendengar jawaban dari pangdam sontak membuat perwira berpangkat Kapten yang mengalami sakit stroke ini memeluk Pangdam.

Lain halnya pada saat Panglima Kodam I/BB memberikan tali asih kepada Prada Gilang Al-Fajar yang didampingi Istrinya. prada Gilang menderita kebutaan dan tak dapat melihat lagi karena terkena dampak abu vulkanik letusan gunung Sinabung pada tahun 2014 Silam pada saat menjalankan tugas mengevakuasi para penduduk yang terdampak dari letusan gunung Sinabung.

Saat acara selesai dilaksanakan, Pangdam I/BB, Mayor Jenderal MS.Fadhilah saat dimintai tanggapanya atas kemampuan Rivalino Sinaga dalam berpidato tentang bela Negara mengatakan bahwa ia sangat gembira bahwa generasi penerus seperti Revalino Sinaga telah memahami arti dan makna bela Negara.

“Saya bangga dan gembira, anak yang masih duduk dibangku sekolah menengah pertama ini sudah paham akan makna bela negara dan mampu berpidato dengan baik dihadapan kita semua, dan kepada Prada Gilang Al-Fajar ini kan dia kan memiliki kemampuan dalam olah raga lempar lembing walaupun saat ini ia mengalami kebutaan saat menjalankan tugas, kami telah berkordinasi pada pemerintah setempat agar ia bisa dilatih untuk menjadi atlit. Tidak hanya itu kami juga akan trus mendorongnya dari segi pangkat maupun dari segi kesehatan,” pungkas Pangdam .

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close