Sumatera

Dapat Pupuk Subsidi Sebanyak 21.228 Tahun 2023, Ini Kata Kabid Prasas Dinas Pertanian Agam

BeritaNasional.ID, AGAM SUMBAR – Kabupaten Agam peroleh kuota pupuk bersubsidi sebanyak 21.228 ton lebih tahun ini.

Kabid Prasas Pertanian dan Penyuluh Dinas Pertanian Agam, Ade Yusuf Thamrin, Senin (28/2) mengatakan, dari kuota pupuk bersubsidi itu terbagi tiga jenis yaitu, UREA, NPK Phonska dan NPK Formula.

“Kuota pupuk UREA 13.233 ton, NPK Phonska 7.993 ton dan NPK formula 1 ton,” terangnya.

Sementara katanya, Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk UREA Rp2.250 per kilogram, NPK Phonska Rp2.300 per kilogram dan NPK formula 3.300 per kilogram.

Dikatakan, pendistribusian pupuk bersubsidi harus melalui produsen, distributor dan kios resmi yang ditunjuk.

“Kita miliki dua produsen, tujuh distributor dan seratusan kios untuk mendistribusikan pupuk bersubsidi ini,” sebutnya.

Kedua produsen itu yakni Pupuk Iskandar Muda (PIM) dengan empat distributor, kemudian Petrokimia Gresik tiga distributor.

Dijelaskan, prioritas penerima pupuk bersubsidi adalah petani tergabung dalam kelompok yang terdaftar di Sistem Informasi Penyuluh Pertanian (Simluhtan) dan miliki kartu tani.

“Maka kita sarankan petani agar bisa bergabung dengan kelompok terdekat, supaya bisa memperoleh pupuk bersubsidi untuk usaha pertaniannya”, tuturnya.

Ditambahkan, kuota pupuk bersubsidi 2023 meningkat dibanding tahun kemaren. Namun, jenisnya berkurang sesuai Permentan No.10 tahun 2022.

Sesuai Permentan itu katanya, pupuk bersubsidi diperuntukkan bagi petani yang melakukan usaha tani subsektor tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan. (*)

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button