AdvedtorialDaerahPemkab SidrapRagamSidrapSulawesi

Data Masyarakat Miskin di Sidrap Akan Diverifikasi

image_pdf

BeritaNasional. ID, Sidrap– Pemerintah Kabupaten Sidenreng Rappang dalam waktu dekat akan melakukan verifikasi dan validasi data masyarakat miskin di wilayahnya. Rencananya kegiatan dimulai bulan Agustus tahun ini.

Validasi dan verifikasi diperlukan karena sejak tahun 2015 hingga saat ini, data kemiskinan belum pernah diverifikasi by name by address by problem. Akibatnya, data belum mampu menunjukkan apakah yang bersangkutan layak dianggap miskin atau tidak.

Sebagai persiapan kegiatan itu, Pemkab Sidrap melaksanakan sosialisasi yang diikuti para Camat, Lurah dan Kepala Desa, Kepala Puskesmas, Koordinator PKH (Program Keluarga Harapan), pendamping Desa dan TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan).

Kepala Bappelitbangda Sidrap, A M Arsjad mengatakan, sangat penting ada basis data miskin yang akuntabel, yang betul-betul sesuai fakta di lapangan dan diperbaharui secara berkala.

“Sehingga ketika Kita berbicara mengenai masyarakat miskin maka sudah seharusnya mengacu pada basis data tersebut,” ujar Arsjad mewakili Bupati Sidrap saat membuka sosialisasi tersebut.

Arsjad menambahkan, basis data ini menjadikan program-program penanggulangan kemiskinan tepat sasaran.

“Ke depan tidak ada lagi masyarakat miskin yang tidak mendapatkan intervensi program kemiskinan, tidak ada lagi program kemiskinan yang tidak mengacu basis data dan tidak ada lagi program kemiskinan yang jalan sendiri-sendiri,” ungkap Arsjad.

Sementara itu, Titin Yulia, narasumber dari Kemensos RI menjelaskan optimalisasi basis data kemiskinan merupakan amanah UU Nomor 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin.

“Untuk itu basis data perlu diverifikasi dan divalidasi. Masyarakat juga diimbau berperan aktif mendaftarkan diri dengan memberikan data yang benar agar nantinya bantuan tepat sasaran,” urai Kasubbid Pengolahan dan Penyajian Data-Pusdatin Kemensos RI tersebut.

Sosialisasi di Aula SKPD Sidrap itu dihadiri Kepala BPS Sidrap, Misbahuddin, Kabid Penanganan Fakir Miskin dan Rehabilitasi Sosial, Andi Arifuddin, Kabid Ekonomi, SDA Sosbud Bappelitbangda, Imran dan OPD terkait.

(Risal Bakri)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close