ACEH

Dayan Albar Dilantik Jadi Pj Sekda Aceh Utara

BeritaNasional.ID | Aceh Utara – Penjabat Bupati Aceh Utara Dr Mahyuzar, MSi, melantik dan mengambil sumpah Dayan Albar, SSos, MAP, sebagai Penjabat Sekretaris Daerah, berlangsung di Pendopo Bupati pada Selasa sore, 30 Januari 2024.

Dayan Albar sebelumnya telah dipercaya sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Utara sejak 30 Desember 2023, setelah Sekda definitif saat itu Dr A Murtala, MSi, dilantik menjadi Penjabat Bupati Aceh Jaya. Sedangkan jabatan definitif Dayan Albar saat ini adalah sebagai Asisten II Setdakab Aceh Utara Bidang Perekonomian dan Pembangunan.

Prosesi pelantikan Dayan Albar sebagai Pj Sekda Aceh Utara turut disaksikan oleh seluruh unsur pejabat di daerah ini. Di antaranya para Staf Ahli Bupati, Asisten, para Kepala SKPK, para Kabag dan para Camat.

Penjabat   Bupati   Aceh   Utara   Dr   Mahyuzar,   MSi,   dalam   sambutannya   antara   lain mengatakan pelantikan  tersebut telah sesuai dengan  Peraturan Presiden Nomor 03 Tahun 2018 Tentang Penjabat Sekretaris Daerah,  dan  Peraturan Menteri  Dalam Negeri  Nomor  91 Tahun 2019 Tentang Penunjukan Penjabat Sekretaris Daerah. Hal itu diawali dengan surat usulan dari Pj Bupati Aceh Utara kepada Pj Gubernur Aceh Nomor  800/11  tanggal  5  Januari  2024  Perihal  Usulan  Persetujuan  dan  Penunjukan  Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Utara. Usulan itu kemudian ditindaklanjuti oleh Pj

Gubernur Aceh   melalui   surat   Nomor   BKA.800/13/P3/2024   tanggal   11   Januari   2024   Perihal   Mohon Persetujuan Penunjukan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Utara ditujukan kepada Menteri   Dalam   Negeri   Cq.  Dirjen  Otonomi   Daerah.  Menteri   Dalam   Negeri  kemudian mengeluarkan surat Nomor  100.2.2.6/0962/OTDA tanggal 26 Januari 2024 hal Penjelasan atas Persetujuan Penunjukan/Pengangkatan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Utara.

Kepada   Pj   Sekda,  Mahyuzar   meminta  agar   terus   memantau   progres   kelanjutan pembangunan bendungan  irigasi Krueng  Pasee.  “Hal ini  supaya menjadi atensi  kita bersama karena ini merupakan salah satu objek pembangunan yang menyangkut hajat hidup masyarakat banyak   di   delapan  kecamatan. Selain   itu,  penurunan   angka   Stunting,   penurunan   angka kemiskinan ekstrim dan pengendalian inflasi daerah juga membutuhkan perhatian kita semua,” harap Mahyuzar.

Mahyuzar berharap setiap pejabat punya komitmen yang sama, se-ayun langkah dalam kebersamaan dalam upaya   untuk   memajukan,   memakmurkan   serta   mensejahterakan   masyarakat,   dengan   harapan dapat mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Aceh Utara, InsyaAllah dapat kita wujudkan bersama-sama.

Mahyuzar juga berharap untuk terus dilaksanakan reformasi birokrasi secara nyata di jajaran Pemkab Aceh Utara. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa penyelenggaraan pemerintah   daerah   dengan   memberi   penekanan   pada   aspek   efisiensi,   akuntabilitas,   dan transparansi,   menjadikan   reformasi   birokrasi   sebagai   prasyarat   utama   untuk   mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih.

Tujuan reformasi birokrasi adalah meningkatkan profesionalisme dan integritas aparatur pemerintah,   dan   sasaran   reformasi   birokrasi   adalah   meningkatnya   kinerja   birokrasi,   yang berorientasi   hasil   melalui   perubahan   secara   terencana,   bertahap,   dan   terintegrasi   dari  semua komponen strategis birokrasi.

Perlu kami tegaskan, bahwa  Pemkab  Aceh  Utara memerlukan  langkah strategis dan terobosan-terobosan, agar tercipta iklim kerja  yang  jauh  lebih sehat dan energik. Kondisi   ini   kita   harapkan   dapat   muncul  dalam   roda   pemerintahan   kita,   sehingga   pelayanan kepada masyarakat dapat lebih maksimal dan fokus.

Pj. Sekda haruslah  bisa diterima oleh semua  jajaran ASN dan masyarakat   di   Kabupaten  Aceh   Utara.   Sebab,  jabatan  Pimpinan  Tinggi  Pratama   merupakan orang pilihan yang dinilai sangat profesional, energik, serta memahami kondisi daerah.

“Tantangan   dan   tuntutan   ke   depan   akan   semakin   berat   seiring   dengan   kebutuhan masyarakat   yang   sangat   dinamis,   sehingga   saya   minta   agar   saudara   Pj.   Sekretaris   Daerah senantiasa   meningkatkan   inovasi   serta   kompetensi,   lakukanlah   koordinasi   intensif   dengan seluruh  stakeholder,” pinta Mahyuzar.(*fadhil)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button