DaerahJawa TimurPendidikanRagamSitubondo

Demi Cegah PMK, Anggota Koramil 0823/10 Arjasa Situbondo Blusukan ke Kandang Sapi

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Demi mencegah penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kaki pada hewan ternak, anggota Koramil 0823/10 Arjasa blusukan ke kandang-kandang sapi milik masyarakat di wilayah Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo, Rabu (15/6/2022).

Yang dilakukan Serda Agus SP Babinsa Koramil Arjasa tersebut, tidak lain untuk memberikan sosialisasi tentang adanya virus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak sapi. “Tadi kita memberikan sosialisasi di kandang sapi milik Sugiyono (49) warga Dusun Krajan RT.002 RW.001 Desa Kedungdowo, Kecamatan Arjasa,” jelas Serda Agus SP.

Lebih lanjut, Serda Agus SP mengatakan, sosialisasi ini diharapkan sebagai bentuk upaya pencegahan dan antisipasi kepada pemilik hewan ternak jenis sapi agar secara dini mengetahui gejala-gejala penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternaknya.

Adapun, sambung Serda Agus SP, ciri-ciri hewan ternak yang terinfeksi penyakit mulut dan kuku (PMK), kondisi hewan mengalami demam tinggi, muncul air liur berlebihan, terdapat luka lepuh di rongga mulut atau pada lidah, hewan ternak tidak mau makan, nafas terlalu cepat atau Hipersalifasi dan Abortus.

“Apabila pemilik hewan ternak sapi menemui ciri-ciri seperti yang tertulis diatas, maka segera melaporkan kepada Babinsa, Babinkamtibmas atau perangkat desa setempat untuk ditangani lebih lanjut,” pungkas Serda Agus SP.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button