DaerahRagamSumateraSUMUT

Dengan IB, 1 Sperma Ayam Pejantan Bisa Buahi 10 Indukan Ayam Betina

BeritaNasional.ID, Langkat – Seorang warga asal Desa Pulau Banyak, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumut, bisa menghasilkan peningkatan ekonomi bagi peternak ayam kampung. Peningkatan ekonomi bagi peternak itu, melalui proses Inseminasi Buatan (IB) pada unggas (ayam).

Hanya dengan suntikkan 1 sperma ayam pejantan, maka bisa membuahi 10 indukan ayam betina. Tentu saja, ayam betina yang akan di IB itu, sudah memasuki masa birahi, atau ayam betina yang siap kawin.

Pria asal Desa Pulau Banyak ini bernama Bukhari, atau yang akrab dipangil Ngah Ali. Pria ini sudah melaksanakan metode IB sejak tahun 2012 lalu. Pria ini juga merupakan ketua kelompok pertenak ayam “Maju Jaya” di Desa Pulau Banyak.

Menurut Ngah Ali, pada Senin (5/72021) mengatakan, jika 1 indukan ayam kampung betina, dari hasil kawin alam, indukan ayam hanya bisa mengasilkan telur sebanyak 13 butir, namun dengan Inseminasi Buatan atau IB, atau proses kawin buatan dengan memasukan sperma ke induk ke induk ayam, maka 1 indukan ayam betina bisa menghasilkan telur sebanyak 22 butir.

Dengan IB ini juga, bisa diyakini 90 persen Fertil ayam menjadi, atau calon anak ayam pada telur menjadi. Dengan sistim IB, masyarakat tidak memerlukan ayam pejantan banyak.

“Kita Cukup miliki perbandingan satu pejantan ayam, bisa mengawini 10 indukan ayam betina, ungkap Ngah Ali, yang mengakui sudah melakukan IB pada ayam kampungnya, sejak tahun 2012 lalu.(Reza)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button