Wartawan BeritaNasional.ID Terdaftar Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan
Ragam

Desa Singolatren Banyuwangi Punya Andalan Batik Khas Singo Oleng Dan Cerme Rompol

image_pdf

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Perayaan HUT Kemerdekaan ke-72 RI di Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi tidak saja dimeriahkan dengan perlombaan antar instansi pemerintahan, namun juga di gelar pameran hasil UMKM dari masing-masing desa.

Seperti yang dipamerkan oleh Desa Singolatren, potensi hasil karya warganya berupa Batik Khas Singo Oleng. Batik tersebut diproduksi home industri oleh warga Dusun Cermean, Desa Singolatren dibawah bonaan PNPM desa setempat.

Batik yang dipamerkan ini ada dua macam, yaitu Batik Singo Oleng dan Batik Cerme Rompol.

Menurut Wasilah, salah satu warga yang ikut memproduksi Batik Singo Oleng, dia tuturkan bahwa rumah Batik Singo Oleng berdiri sejak setahun yang lalu.

“Setelah mendapat pelatihan dari PNPM Desa Singolatren dan Disperindag Kabupaten Banyuwang, saya buka home industri batik sejak setahun lalu. Semua ini berkat bimbingan dan binaan pemerintah desa,” lontar Wasilah didampingi istri Kades Singolatren.

Camat Singojuruh, M. Lutfi kepada media ini mengatakan, atas kreasi warga Desa Singolatren tersebut dia apresiasi. Karena ini sebagai bukti bahwa ada potensi yang mesti dikembangkan.

“Tentu adanya home industri Batik ini akan bisa meningkatkan ekonomi kerakyatan. Selain itu bakal membuka lapangan pekerjaan bagi warga lainnya, “ucap Lutfi, yang sebelumnya sebagai Camat Licin ini. (mh.said)

Caption : Batik Singo Oleng dan Batik Cerme Rompol asal Desa Singolatren, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close