BondowosoDaerahJawa TimurPendidikan

Desa Sumber Suko Bondowoso Wakili Jatim Dalam Lomba Desa Cantik Tingkat Nasional

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Dalam lomba Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) mewakili Jawa Timur, Desa Sumber Suko, Kecamatan Curahdami, dipercaya untuk mewakil Bondowoso.

Pemilihan Desa Sumber Suko mewakili Bondowoso untuk mewakil Jawa Timur, setelah dilakukan Verivikasi dan Validasi (Vervak) oleh Tim Panitia Badan Pusat Statistik (BPS) RI ke lokasi.

Saat melakukan Vervak, Tim BPS Pusat didampingi oleh Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Bondowoso, Hj. Haeriah Yuliati, S.Sos, MM. Dan nilainya memenuhi syarat untuk maju ke tingkat nasional.

Her, sapaannya mengatakan, untuk bisa ditunjuk sebagai Desa Cantik mewakil Jatim ke tingkat nasional, Pemdes Sumber Suko harus menjalankan beberapa tahapan. Antara lain, tahapan penyiapan aplikasi dan data secara manual.

Camat Curahdami, R Saudia Yordan saat dikonfirmasi menjelaskan, proses pendataan warga di Bondowoso harus betul-betul rinci. Hal ini membutuhkan inovasi dari pendata, hususnya di tingkat desa.

“Jadi tidak hanya mendata jumlah penduduk, tapi juga status sosial dan kondisi ekonomi. Terutama data keluarga dan Balita. Sehingga program pemerintah tepat sasaran,” kata Yordan, sapaannya.

Pemdes Sumber Suko, lanjutnya, mempunyai aplikasi yang berisi data seluruh warga. Mulai dari jumlah warga yang mempunyai Balita, yang menikah dini dan seterusnya. Melalui aplikasi tersebut, setiap warga diminta mendaftarkan identitas keluarganya dengan data lengkap.

Ditambahkan, Pemdes Sumber Suko juga membuat portal atau website bernama Regalitas (Registrasi keluarga dan Balita). Konsep ini sesuai dengan misi penurunan stunting.

Regalitas juga mendata Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), sanitasi permukiman,  ekonomi, jumlah penduduk, keluarga, RTLH, secara online.

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button