ACEHAceh TamiangMenuju Pemilu 2024

Di Aceh Tamiang, 32 Calon Anggota KIP Ikuti Ujian Tertulis

BeritaNasional.ID, ACEH TAMIANG –Sebanyak 32 calon anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tamiang mengikuti ujian tulis di Gedung Utama DPRK setempat, Selasa, (13/6/2023).

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) penjaringan dan penyaringan anggota KIP Aceh Tamiang, Ali Yandi, SH kepada Beritanasional.id mengatakan peserta ujian tertulis diikuti 32 orang.

Ali Yandi menyampaikan dari 35 calon anggota KIP yang lulus proses seleksi administrasi hanya 33 orang yang ikut seleksi kemampuan baca Al-Qur’an dan satu orang dinyatakan gagal mengikuti tabapan selanjutnya.

“Ada 32 calon anggota KIP yang mengikuti Ujian Tertulis,” sebut Ali Yandi.

Ujian Tertulis sambung Ali Yandi peserta diberikan 100 soal dalam bentuk cost yang berkaitan dengan PKPU Nomor 4 tahun 2023, penyelenggaraan pemilu, wawasan kebangsaan, kekhususan Aceh, dan tentang partai politik baik lokal maupun nasional.

“Untuk menjawab soal, peserta diberikan waktu 120 menit. Sedangkan pengumuman hasil tes tulis akan diumumkan pada tanggal 14 Juni 2023,” jelasnya.

Setelah tes tulis menurut Ali Yandi selanjutnya adalah tahapan tanggapan masyarakat selama satu minggu dari tanggal 15 -23 Juni 2023 mendatang.

“Terkait jadwal Wawancara akan diinformasikan selanjutnya,” ungkapnya mengakhiri.

Berita sebelumnya Ketua Panitia Seleksi (Pansel), Ali Yandi, SH kepada Beritanasional.id menjelaskan saat ini calon anggota KIP periode 2023-2024 mengikuti tahapan seleksi kemampuan Baca Al-Qur’an.

“Ada sebanyak 35 peserta yang dinyatakan lulus adminitrasi, mereka saat ini mengikuti kemampuan Baca Al-Qur’an,” jelas Ali Yandi.

Menurut Ali Yandi, dari 35 peserta tersebut ada 2 orang peserta yang dipastikan tidak hadir, hal itu diketahui berdasarkan konfirmasi yang dilakukan oleh pihak Pansel.

Sesuai dengan pengumuman nomor 7/pansel-KIP.ATAM/2023 tentang hasil seleksi administrasi Penjaringan dan penyaringan calon anggota Komisi Independen pemilihan Kabupaten Aceh Tamiang periode tahun 2023 – 2028 diumumkan ada sebanyak 35 orang peserta yang mengikuti uji mampu baca Al-Qur’an.

Pantuan media ini, dari 35 nama-nama pendaftar yang dinyatakan lulus tahapan/seleksi administrasi terlihat muncul sejumlah nama populer yang melekat dikalangan masyarakat karena merupakan sosok yang senior dari lingkup penyelenggara pemilu KIP maupun Bawaslih Kabupaten Aceh Tamiang.

Diantaranya ada 2 nama anggota Komisioner KIP aktif yang ambil bagian dalam ajang ini sebagai upaya untuk periode yang ke 2, yang masing-masing Muhammad Khuwailid dan Rusli. Kedua nama tersebut merupakan incumben Komisioner.

Bahkan ada juga terlihat mantan Komisioner KIP periode 2008-2013, Zulfahmi MH yang hadir dan mengikuti tes baca Al-Qur’an dalam acara itu.

Sementara itu dari deretan daftar nama 35 peserta tes baca Alquran juga muncul nama anggota Komisioner Panwaslih Aceh Tamiang 2 periode, yakni Lindawati, M.Pd.

Pada hari-hari berikutnya sesuai yang ditentukan oleh panitia penyelenggara kegiatan, ada beberapa tahapan lagi yang bakal dilalui oleh para peserta pasca tes baca Alquran ini hingga menuju pada penyerahan hasil 15 nama calon anggota KIP kepada Komisi I DPRK Aceh Tamiang untuk uji kepatutan dan kelayakan yang akan digelar pada 14 Juli 2023 mendatang. (*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button