DaerahJawa TimurPelantikanRagamSitubondo

Di Rutan Situbondo, Tangis Haru Warnai Prosesi Pelantikan CPNS Menjadi ASN

BeritaNasional.ID – Situbondo Jawa Timur, Pelantikan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun pengangkatan 2021 menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berlangsung di Aula Baharudin Lopa Rutan Kelas IIB Situbondo atau Rusibon diwarnai dengan tangis haru. Tangis haru itu terjadi setelah 34 CPNS dilantik menjadi ASN dan melakukan sungkeman kepada ke dua orang tuanya, Selasa (21/3/2023).

“Sebanyak 34 orang tersebut sudah sah menjadi pegawai dilingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia UPT Rutan Kelas IIB Situbondo. Dari total 35 CPNS yang masuk, sebanyak 34 yang dilantik. Satu orang tidak dilantik karena proses hukuman disiplin berat yaitu pemecatan,” jelas Kepala UPT Rutan Kelas II B Situbondo, Rudi Kristiawan.

Lebih lanjut, Rudi Kristiawan mengatakan, pelantikan sekarang berbeda dengan tahun sebelumnya dan tempat lainnya. “Dalam pelantikan dan sumpah jabatan ini, kedua orang tua masing-masing CPNS dihadirkan untuk mengikuti prosesi atau tradisi sungkeman setelah upacara pelantikan. Sengaja kami undang ortunya mereka agar para orangtua tahu bahwa ini tempat anaknya bekerja,” jelas Rudi Kristiawan.

Selain itu, sambung Rudi, agar para ASN tersebut bertekuk lutut mohon ampunan serta mohon doa restu dari kedua orang tuanya untuk melaksanakan tugas agar tidak ada hambatan dan masalah dikemudian hari. “Dalam prosesi sungkeman ini, tangis haru tak terbendung. Seluruh ibu dari orang tua masing-masing ASN yang baru dilantik menangis meluapkan rasa syukurnya karena anaknya sudah diangkat menjadi ASN dilingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia UPT Rutan Kelas IIB Situbondo,” tuturnya.

Tak hanya itu yang disampaikan Rudi Kristiawan, namun pihaknya juga membuat tradisi bagi para CPNS yang akan dilantik harus diberikan ilmu orientasi lapangan dari para pejabat Rutan serta pelatihan kesamaptaan melalui kerjasama dengan jajaran Kodim 0823 Situbondo.

“Pada puncaknya CPNS diarahkan untuk mengikuti prosesi pembaretan semalaman penuh sampai pagi. Hal ini dilakukan agar para pegawai Rutan Situbondo semuanya punya mental dan fisik yang baik, ilmu pengetahuan yang tinggi, kewibawaan yang tinggi serta membentuk jiwa yang tanggap, tanggon, trengginas dan welas asih,” tegas Rudi.

Dalam amanatnya, Rudi memberikan berbagai arahan kepada 34 pegawai baru tersebut. “Atas pelantikannya hari ini, kalian sudah berhak mendapatkan gaji dan tunjangan full sebesar 100%. Jangan berpuas diri karena tantangan kerja kedepan semakin tinggi dan penuh lika liku. Jangan sampai ada pelanggaran kerja, jika ada ada pelanggaran kerja yang kalian lakukan, maka akan kami tindak tegas,” kata Rudi.

Disamping itu, imbuh Rudi, kalian harus mampu bekerja dengan baik, semangat, iklas dan harus punya kemampuan berpikir yang baik serta keberanian mental dan fisik yang baik pula, karena yang kalian hadapi para pelanggar hukum yang harus bina bersama. “Tingkatkan kedewasaan, kewibawaan, karena kalian sebagai bapak, guru, teman dari Warga Binaan Pemasyarakatn,” pesan Kelapa Rutan Situbondo kepada 34 pegawai yang baru dilantik.

Kepala Rutan Situbondo ini juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh jajarannya dan jajaran Kodim 0823 Situbondo yang telah berpartisipasi dalam pembinaan pegawai Rutan Situbondo yang baru dilantik.

Sementara itu, SA orang tua dari pegawai Fanni mengatakan bahwa, dirinya terharu bisa menyaksikan prosesi pelantikan anaknya secara langsung di Aula Baharudin Lopa Rutan Situbondo. “Saya terharu dan bangga hari ini bisa melihat secara langsung anak saya dilantik sebagai ASN di Rutan Situbondo. Ini tentu suatu kebanggan bagi keluarga kami di kampung,” ujarnya.

Kepala Rutan Situbondo ketika menyerahkan SK kepada salah satu ASN yang habis dilantik (Heru Hartanto/BeritaNasional.ID)
Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button