BanjirDaerahJawa TimurKadesRagamSitubondo

Di Situbondo, Tembok Pesantren dan 10 Rumah Rusak Berat Akibat Dihantam Ombak

SITUBONDO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id Akibat hujan deras disertai angin dan ombak besar yang terjadi tadi malam, mengakibatkan tembok Pondok Pesantren Mambaul Ulum Alqoshy dan beberapa rumah di Dusun Pecaron, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo mengalami rusak, Sabtu (24/12/2022).

Keterangan yang disampaikan Pengasuh Pondok Mambaul Ulum Alqoshy KH Qodda Reza Alfinuzul mengatakan, bahwa akibat hujan deras disertai angin kencang dan ombak besar menghantam tebing pesantren hingga roboh. “Beruntung dalam kejadian tersebut tidak ada korban. Sebab, pada saat kejadian para santri masih ada di dalam kamar,” ujarnya.

Lebih lanjut, Qodda Reza Alfinuzul menjelaskan bahwa, kejadian seperti ini biasa terjadi dalam setiap tahunnya. Namun, peristiwa kali ini yang paling besar. “Ini sudah biasa terjadi setiap tahunnya, namun kali ini ombak yang menerjang paling besar,” kata Kiai Reza sapaan akrabnya.

Selain itu, sambung Kiai Reza, hantaman ombak sangat keras juga mengakibatkan dapur dan tebing pesantren roboh. “Akibat terjangan ombak yang keras, tebing sama dapur di pesantren ini roboh,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pasir Putih H. Zainal Arifin membenarkan adanya rumah dan pesantren yang mengalami kerusakan akibat hujan disertai angin yang mengakibatkan ombak besar. “Di Dusun Pecaron, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan ada sekitar sepuluh rumah warga yang diterjang ombak besar tadi malam,” kata Kades Zailan Arifin.

Tak hanya itu yang disampaikan Kades Pasir Putih, namun dia juga mengatakan bahwa peristiwa serupa juga terjadi di Dusun Kembangsambi. “Saya berharap ada perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo untuk membantu masyarakat yang rumahnya rusak akibat hujan deras dan angin kencang serta dihantam ombak,” harapnya. (As’ad/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button