TNI Dan Polri

Dialog Interaktif di TVRI Medan Dalam Rangka Menyambut HUT Ke-74 TNI Tahun 2019

BeritaNasional.ID Medan – Sehari menjelang perayaan HUT Ke-74 TNI digelar dialog Interaktif yang diadakan di Stasiun TVRI Sumut, Jum’at (4/10/2019).

Dalam acara yang disiarkan langsung oleh TVRI Sumut menampilkan Narasumber Gubernur Sumut yang diwakili oleh Sekda Pemprovsu Hj. Sabrina, Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Adrianto, Danlantamal I Belawan Laksma TNI Abdul Rasyid Kacong, S.E., M.M., dan Panglima Kosekhanudnas III Marsekal Pertama TNI Djohn Amarul, S. AB., serta Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Meka Yudanto, S.Sos., M.A.P.

Pada kesempatan tersebut, dalam dialog khusus TVRI Panglima Kosekhanudnas III Marsekal Pertama TNI Djohn Amarul, S. AB., dan Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Meka Yudanto, S.Sos., M.A.P., menyampaikan penjelasan perihal antisipasi gangguan keamanan bandara dan keselamatan penerbangan, Panglima Kosekhanudnas mengatakan TNI Angkatan Udara sesuai dengan UU no 34 tahun 2004 tentang TNI memiliki tugas pokok menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah yurisdiksi nasional, dan untuk Alutsista yang kian minim. Pimpinan TNI telah melakukan kebijakan-kebijakan dalam mendasari pengadaan Alutsista secara bertahap dan berkala.

“Lebih lanjut dalam kebijakan TNI Angkatan Udara untuk mengatasi pelanggaran penerbangan asing di wilayah yurisdiksi adalah dengan cara meningkatkan Operasi Pertahanan Udara, dan Negara telah menugaskan Kohanudnas untuk memaksimalkan kemampuan yang ada, serta TNI Angkatan Udara berperan menjalankan tugas pokok TNI, yaitu melaksanakan Operasi Militer untuk Perang (OMP) ataupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dan salah satu peran TNI dalam OMSP adalah penanggulangan bencana alam keterlibatan TNI Angkatan Udara sangatlah signifikan khususnya dalam pengangkutan/pendistribusian barang, obat-obatan, makanan dan personel terutama ketempat-tempat yang terisolasi akibat putusnya jalan darat dan laut serta melaksanakan SAR,” tambah Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Meka Yudanto, S.Sos., M.A.P.

Pangdam I/BB menyampaikan TNI menyadari sepenuhnya, bahwa TNI berasal dari rakyat, berjuang bersama rakyat, dan pada akhirnya kembali kepada rakyat. TNI lahir dari rakyat, oleh karenanya, sudah selayaknya TNI melakukan pengabdian terbaik untuk membantu kesulitan rakyat, membantu Pemerintah Daerah dalam menciptakan situasi yang aman dan nyaman, sehingga roda pembangunan dapat berjalan dengan baik dan lancar serta kesejahteraan masyarakat semakin baik. Pangdam I/BB juga menyampaikan TMMD atau TNI Manunggal Membangun Desa merupakan salah satu program pemerintah sebagai wujud pengabdian TNI bersama, khususnya masyarakat yang tinggal di desa-desa terpencil, melalui program TMMD, TNI mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama membangun daerahnya, guna mengatasi berbagai masalah, terutama di bidang ekonomi dan sosial budaya. Selain itu, para prajurit TNI hadir di tengah-tengah rakyat, menyebarkan semangat gotong royong dan energi positif untuk mencapai kemajuan bersama.

Sementara itu Danlantamal I Belawan Laksma TNI Abdul Rasyid Kacong, S.E., M.M. menyampaikan tugas pokok Lantamal I Belawan, yaitu : Pembinaan kekuatan dan kemampuan guna menyelenggarakan dukungan tempur, logistik dan administrasi bagi unsur-unsur/marinir yang melaksanakan operasi. Oleh karena itu berkaitan dengan hal tersebut Lantamal I memiliki tugas untuk menjaga wilayah laut perairan pantai Timur dan pantai Barat Sumatera, dengan melaksanakan patroli menggunakan alutsista yang tersedia secara terus menerus secara berkesinambungan untuk mengantisipasi kerawanan yang terjadi di laut seperti kejahatan penyelundupan, perompakan, narkotika, pelanggaran wilayah dan kejahatan perikanan/ilegal fishing.

Hadir dalam acara tersebut, para unsur Forkopimda Provsu, Kasdam I/BB, Dandim 0201/BS, Kapolresta Medan, Irdam I/BB, Kapok Sahli Pangdam I/BB, para Sahli Pangdam I/BB, para Asisten Kasdam I/BB, para Kabalakdam I/BB, para Asisten Kosekhanudnas III dan Pejabat Polda Sumut.

Dalam dialog interaktif tersebut mengulas tentang Tema HUT TNI Ke-74 Tahun 2019 yakni “TNI Profesional Kebanggaan Rakyat”. Acara diakhiri dengan foto bersama para pejabat TNI.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button