AcehDaerah

Diduga PTPN 1 JRU Hendak Tenggelamkan Alue Ie Mirah

BeritaNasional.ID, ACEH TIMUR – Gampong Alue Ie Mirah, Kecamatan Indra Makmu, Kabupaten Aceh Timur terancam tengelam diduga akibat ulah PTPN 1 Julok Rayeuk Utara (JRU).

Dimana perusahaan BUMN tersebut diduga sedang membuat tanggul dengan mengerok sungai Alue Ie Mirah yang berbatasan dengan PTPN 1.

Romi Syahputra, Keuchik Alue Ie Mirah mengatakan, kegiatan tersebut akan terancam bagi Desa Alue Ie Mirah, Jambo Lubok dan Desa Suka Makmu, serta Desa lainnya dari banjir besar akibat tanggul perbatasan yang di buat PTPN 1 JRU sepanjang aliran sungai.

Menurutnya, saat musim penghujan aliran sungai tidak lagi normal, karena nantinya air dari atas akan masuk ke Desa dengan cukup deras akibat tanggul yang mereka buat, pasalnya tanggul itu hanya sebelah di lahan mereka.

“Jika tanggul itu dibuat hanya sebelah, berati konsep mereka salah kaprah, dan diduga hendak membunuh warga sekitar dengan cara perlahan” citus Keuchik Romi, Jum’at (26/05/2023).

Warga setempat mendesak PTPN 1 pusat agar segera mengevaluasi konsep tersebut karena akan merugikan desa dan warga sekitar.

“Kami minta PTP segera hentikan kegiatan tersebut, jangan terus menurus membuat dampak buruk terhadap kami rakyat” tegas Keuchik Alue Ie Mirah.

Sementara itu, Apu PTPN 1 JRU Samsuar dikonfirmasi melalui telpon mengatakan, konsep tersebut telah dipikirkan secara matang oleh pihak PTPN, cuman warga saat ini salah faham.

Menurutnya, pembuatan tanggul tersebut untuk mengurangi dampak banjir bagi desa sekitar dengan cara air banjir dari PTP nantinya terbagi dengan adanya tanggul tersebut.

“Karena kami juga akan membuat sungai baru didalam lahan PTP dengan lebar sekitar 4 meter, dan nantinya air akan memutar-mutar di dalam lahan PTP, ini tujuan untuk mengurangi dampak banjir untuk Desa sekitar” citus Apu.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button