DaerahRagamSulawesi

Diguyur Hujan, Sikap Gotong Royong Masyarakat Ganra Tetap Terjaga

image_pdf

BeritaNasional.ID, Soppeng – Tradisi Gotong Royong ‘Mapatettong Bola’ masih tetap terlihat terjaga di tengah-tengah Masyarakat Desa Ganra, Kecamatan Ganra, Ahad 12 Januari 2020.

Berdasarkan pantauan BeritaNasional.ID, Walaupun di Guyur Hujan terlihat masyarakat tetap sangat antusias, kompak saling membantu dalam proses mendirikan rumah baru ‘Mappatettong Bola’.

Gotong royong itu dilakukan untuk mendirikan rumah panggung model khas adat bugis milik warga Desa Ganra Salahuddin Muin yang Berada di depan Pondok Pesantren Perguruan Islam Ganra.

Salah seorang Warga Desa Ganra Rudi Jayadi kepada BeritaBasional.ID mengaku bahwa pemandangan seperti ini mulai terkikis, jarang lagi terlihat ditengah masyarakat.

“Ini merupakan salah satu bentuk untuk menjaga nilai-nilai Sosial yang di dalamnya terdapat gotong royong, yang kita sadari hari-hari ini mulai terkikis, dengan adanya patettong bola ini, jiwa Gotong Royong tetap terjaga,”harapnya.

Pemandangan itu terlihat adem karena kita ketahui seiring perkembangan saat ini, budaya gotong royong mulai hilang karena sebagian besar warga jika memiliki perkerjaan, warga mulai menyewa tenaga kerja, walaupun pekerjaan tersebut sebenarnya masih bisa digotong royong.(Kifli)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close