Nasional

Diklat Nasional Angkatan 1 Digelar MPP & MPN Korwil Banyuwangi

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Koordinator Wilayah Majelis Pers Nasional (Korwil MPN) Banyuwangi menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) pertama tingkat nasional. Diklat angkatan ke 1 yang digelar pada 17 – 19 Desember 2018 ini merupakan program perdana bagi Majelis Pimpinan Pusat (MPP) MPN dengan penyelenggara Korwil Banyuwangi.

M Idrus (50) selaku ketua panitia mengaku Diklat yang digelar di agro wisata Alam Indah Lestari (AIL) ini tidak muluk muluk. Materi yang diajarkan meliputi teknik menulis, teknik investigasi dan pokok pokok UU No 40 tentang pers. Sebagai ujung pelatihan pada uji kemampuan bagi peserta adalah praktek investigasi lapangan dan langsung ditulis.
Sedangkan pemateri yang dihadirkan diantaranya Prof. Dr. H. Khusnuridho, M.Pd yang akan membekali peserta dengan wawasan kebangsaan. Sementara untuk penulisan berita disajikan oleh Dr. Kun Wasis M.I. Kom. sekaligus untuk evaluasinya. Untuk materi investigasi disampaikan Sekjen MPN Drs. Udilaksono.

“Khusus investigasi, mengajarkan pada peserta Diklat untuk bisa mengungkap kebenaran data, kebenaran fakta dan mewajibkan konfirmasi. Sedangkan untuk praktek lapangan peserta akan dibawa ke 10 titik pusat yang memiliki nilai informasi yang menarik. Dulunya orang menganggap tidak ada , setelah dilakukan investigasi ternyata ada sesuatu,” papar Idrus.

Apakah Diklat kali ini memiliki standar kompetensi ? Idrus dengan enteng menjawab apakah pelatihan, Diklat dan segalanya itu digelar oleh lembaga organisasi pers juga ada batas kompetensinya.

“Ngomong kompetensi sama halnya kita ngomong masalah standarisasi. Adakah standarisasi untuk pers. Karena kerja insan pers adalah kerja kreatifitas dan intelektual. Karya jurnalistik identik dengan karya sastra. Apakah ada kompetensi untuk karya sastra itu ?,” ucap Idrus balik bertanya.

Ditegaskan Idrus, Diklat angkatan pertama ini dibatasi 100 peserta. Berdasarkan daftar, yang telah tercatat 125 peserta, pihak panitia akan meminta Ketua Umum dan Sekjen MPP MPN untuk kebijaksanaannya yang terdaftar bisa diterima semua sebagai peserta. (tim)

Caption : Logo/lambang MPN

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button