Daerah

Dilapangan Wakutodi, Labungkari Bupati Buton Tengah Melantik 47 Pejabat

BERITANASIONAL.ID, BUTON TENGAH – Penjabat (Pj) Bupati Buton Tengah (Buteng), Muhammad Yusup, SE, M.Si perdana melantik 47 pejabat administrasi dan fungsional lingkup pemerintah kabupaten buton tengah, di lapangan wakutodi labungkari, Rabu (26/10/2022).

Pelantikan tersebut berdasarkan pada surat keputusan Pj. Bupati Buton Tengah nomor 534 tahun 2022 tentang pengukuhan, pengangkatan dan pelantikan pejabat administrasi dan pejabat fungsional di lingkup pemerintah kabupaten buton tengah.

Pj. Bupati Muhammad Yusup mengatakan penyelenggaraan pemerintahan yang baik atau Good Governance, diperlukan birokrasi yang baik, dimana birokrasi akan berjalan dengan baik, bila pejabatnya diisi oleh orang yang memahami tupoksi dengan cepat dan melaksanakan arahan pimpinan.

Camat Gu, saat dilantik Pj. Bupati Buton Tengah
Camat Gu, saat dilantik Pj. Bupati Buton Tengah

Mutasi jabatan, lanjut mantan Kepala Dinas BPBD Buton Tengah ini merupakan salah satu upaya penyegaran bagi pejabat struktural yang mendudukinya, hal ini juga sesuai dengan harapan agar dapat lebih mendapatkan pengalaman dan tantangan pada jabatan baru diemban.

“Saya berharap, pejabat yang kita lantik hari ini bisa melaksanakan visi dan misi kepala daerah, mewujudkan kabupaten buton tengah yang maju dan sejahtera, dengan berupaya meningkatkan kinerja sesuai tugas dan fungsi,” Ucapnya.

Pelaksanaan pelantikan hari tersebut yang bertempat di Labungkari, kata Muhammad Yusup, sebagai keseriusan pemerintah daerah untuk terus mewujudkan percepatan pembangunan Gedung Pemerintahan eksekutif dan legislatif. Semoga harapan ini adalah doa kita bersama.

“Selamat bertugas kepada pejabat baru, semoga dapat mengemban tugas dengan baik, penuh keikhlasan dan bertanggung jawab, Untuk pejabat lama kami mengucapkan terima kasih atas pengabdiannya dan kerja kerasnya selama bertugas, terus tunjukan kinerja terbaik, karena beberapa waktu ke depan akan terus kami mengevaluasi kinerja bapak dan ibu sekalian”, tutupnya.

Sebelas Kadis Buteng Jalani Job Fit

Pemerintah Daerah Buton Tengah Saat Buka Job Fit Eselon II Pemkab Buton Tengah
Pemerintah Daerah Buton Tengah Saat Buka Job Fit Eselon II Pemkab Buton Tengah

Sebelumnya sebanyak 11 kepala dinas atau badan di lingkup pemerintah kabupaten buton tengah (Pemkab Buteng) menjalani uji kompetensi atau Job Fit. Mereka akan dinilai dan dievaluasi apakah jabatan yang sementara diemban sudah sesuai dengan kompetensinya atau tidak.

Adapun dinas atau badan yang pimpinannya tengah di job fit tersebut adalah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), Dinas Pertanian, Dinas Penanaman Modal, Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP).

Selanjutnya, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Badan Kesbangpol, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), dan Dinas Perumahan.

Job Fit yang digelar di Gedung Az-Zahra Lakudo tersebut, dibuka langsung Pj Bupati Buteng Muhammad Yusup, Selasa (25/10/2022).

Pembukaan Job Fit turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Buton Tengah Adam, Sekda Buteng H Kostantinus Bukide, Kepala BKPSDM Wujuddin, tim assesor dari UHO diantaranya Prof. DR. La Niampe, M.Hum., DR. La Semsu, SH., MH., DR. Aslim, S.S., M. Hum., para Kepala OPD, dan Camat se Kabupaten Buteng.

Pj Bupati Buteng Muhammad Yusup dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan uji kompetensi atau Job Fit dilaksanakan agar dapat mengetahui secara keseluruhan konsistensi dan kompetensi ASN yang menduduki jabatan tinggi pratama dan merupakan suatu bagian dari bahan evaluasi dari pelaksanaan kinerja yang telah disepakati.

“Dari hasil uji kompetensi ini, kita dapat memetakan ulang pejabat yang sesuai dengan kompetensi masing-masing. The right man in the right place (orang yang tepat di tempat yang tepat). Dan pejabat yang tidak sesuai dengan kompetensinya akan ditempatkan ke jabatan yang sesuai dengan kompetensinya,” jelas Yusup.

Ia menginginkan, ASN yang menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama harus memenuhi target kinerja sesuai dengan perjanjian kinerja yang telah disepakati.

“Saya berharap dalam pelaksanaan uji kompetensi ini dapat dilaksanakan dengan baik dan sejujur-jujurnya. Sehingga kita dapat memaksimalkan kemampuan seorang ASN pada bidangnya masing-masing,” tutupnya. (MS/Adv)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button