BatubaraKesehatanSumatera Utara

Dinas Kesehatan P2KB Cek Kebugaran Calon Jemaah Haji Keberangkatan Tahun 2023

BeritaNasional.ID, BATU BARA SUMUT – Pemerintah Kabupaten Batu Bara melalui Dinas Kesehatan PPKB melaksanakan pengukuran kebugaran calon jemaah haji Kabupaten Batu Bara keberangkatan tahun 2023 di Lapangan Kantor Camat Air Putih, Kamis (25/05/2023).

Plt. Kepala Dinas Kesehatan PPKB Kabupaten Batu Bara dr. Deni Syahputra melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kabid Kesmas) Abdul Fuad Helmy, SKM, M.Kes menyebutkan, pelayanan kesehatan terhadap jemaah haji meliputi upaya-upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif agar setiap jemaah haji dapat menunaikan ibadah dengan kondisi kesehatan yang tetap terjaga.

Ia menyebutkan, selama ini Dinas Kesehatan melalui Puskesmas telah melakukan pemeriksaan kesehatan meliputi anamnesis, pemeriksaan fisik, laboratorium dan melakukan pembinaan untuk mengatasi penyakit yang diderita, namun belum disertai dengan pembinaan untuk meningkatkan kebugaran jasmani.

“Oleh karena itu sebagai salah satu upaya dalam pembinaan meningkatkan kebugaran jasmani calon jemaah haji, maka dilakukan tes kebugaran jemaah haji yang meliputi pengukuran tekanan darah, kolesterol, asam urat, kadar gula darah dan rapid tes covid-19 untuk deteksi dini para calon jemaah haji dari penyakit Covid-19,” jelas nya.

Teks foto : Pengecekan kesehatan Calon Jamaah Haji oleh petugas Dinas Kesehatan P2KB Batu Bara.
Teks foto : Pengecekan kesehatan Calon Jamaah Haji oleh petugas Dinas Kesehatan P2KB Batu Bara.

Untuk Kabupaten Batu Bara sampai saat ini tercatat sebanyak 287 orang calon jemaah haji yang akan diberangkatkan bila kondisi sudah memungkinkan, dalam kelompok terbang (kloter) 13 melalui Bandara Kuala Namu Internasional Air Port (KNIA) 4 Juni 2023.

Untuk kegiatan pengukuran kebugaran haji kali ini, dilaksanakan di dua tempat yang berbeda yaitu di lapangan bola kaki Indrasakti Kecamatan Air Putih dengan peserta calon jemaah haji dari Kecamatan Air Putih dari KBIH AL AMIN, Kecamatan Medang Deras dan Sei Suka dari KBIH KABAFAS.

Kemudian di lapangan bola kaki Kelurahan Labuhan Ruku Kecamatan Talawi yaitu calon jemaah haji dari Kecamatan Tanjung Tiram KBIH AL-MUKHLISIN), Kecamatan Talawi KBIH RHAUDATUL KHASANAH dan Kecamatan Sei Balai dari KBIH AL-MUTTAQIN.

Sementara, untuk pengukuran kebugaran jasmanai calon jemaah haji yang berasal dari Kecamatan Lima Puluh KBIH AS ZAM-ZAM sudah terlebih dahulu dilaksanakan yaitu pada tanggal 17 maret 2023 yang lalu.

Sedangkan untuk calon jemaah haji yang non KBIH Dinas Kesehatan sendiri mempersilahkan hadir di lokasi yang berdekatan dengan domisili yang bersangkutan.

Kegiatan pengukuran kebugaran haji saat ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas penyelenggaran pembinaan kebugaran jasmani bagi jemaah haji sehingga tercapai jemaah haji dari Kabupaten Batu Bara yang sehat dan bugar. (Firdaus Fitrah)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button