DaerahSumateraSUMUT

Dinas LH Binjai Kampanyekan Tanam Pohon dan Sungai Bersih

BeritaNasional.ID, Binjai – Peringatan Hari Lingkungan Hidup di Kota Binjai diramaikan dengan berbagai kegiatan peduli lingkungan seperti menanam pohon dan membersihkan aliran sungai. Hal itu disampaikan Plt Kadis Lingkungan Hidup Kota Binjai, Amas Masyur Siregar, Selasa (11/01/2022) siang.

“Kemarin bersama teman-teman dari Forhati kami melaksanakan kegiatan membersihkan aliran sungai dengan cara memungut sampah dan mencuci air sungai dengan menyiramkan cairan Eco Enzym,” ucapnya. 

Kata Alex, panggilan akrabnya terdapat dua aliran sungai yang dibersihkan menggunakan cairan eco enzym yakni Sungai Bingei dan Sungai Mencirim. Hal itu dilakukan untuk membersihkan kadar air sungai yang sudah banyak tercemar limbah rumah tangga dan usaha berskala mikro.
“Cairan ini bisa memperbaiki ekositem sungai dan menjadi plangton untuk sumber makanan hewan sungai karena diolah dari permentasi air sayuran organik campuran yang diproses selama 3 bulan,” ucapnya. 
Untuk mengantisipasi pencemaran air sungai dari limbah-limbah usaha, kata Amas, pihaknya sudah melakukan upaya monitoring pencegahan. Caranya dengan mewajibkan seluruh pelaku usaha untuk memasang Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) di tempat usahanya. 
“Kita sampaikan supaya mereka membuat kolam-kolam penyaringan. Sehingga limbah yang dibuang ke sungai memang sudah tidak lagi membahayakan atau mengotori air sungai,” katanya. (bay)
Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button