GorontaloPemerintahan

Dinilai Sukses Gelar Pelatihan DLA, Kemenkominfo Apresiasi Pemprov Gorontalo

BeritaNasional.ID, GORONTALO – Provinsi Gorontalo dinilai sukses dalam melaksanakan Pelatihan Digital Leadership Academy (DLA).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Kominfo Republik Indonesia, Basoh Saleh mengatakan penilaian ini diberikan karena Provinsi Gorontalo berhasil menghasilkan enam rencana aksi dalam DLA tersebut, yang dilaksanakan sejak tanggal 22 Mei hingga 27 Juni 2023 itu.

“Kami anggap Gorontalo berhasil karena menghasilkan enam rencana aksi. Atas nama penyelenggara kami sangat berterima kasih dan memberi apresiasi kepada Pemprov khususnya BPSDM dan Dinas Kominfo untuk kerja samanya yang luar biasa sudah memfasilitasi kegiatan ini,” kata Basoh Saleh pada penutupan pelatihan Digital Leadership Academy yang digelar di Gedung BPSDM Provinsi Gorontalo pada Selasa, (27/6).

Untuk diketahui, enam rencana aksi yang dihasilkan dalam DLA tersebut terdiri dari Provinsi Gorontalo tentang registrasi sosial ekonomi dan penurunan kemiskinan.

Selanjutnya Pemkab Gorontalo dengan penataan manajemen dan Pemkot Gorontalo terkait digitalisasi administrasi pemerintahan yang berkaitan dengan proses pemutakhiran data terpadu untuk kesejahteraan sosial.

Kemudian Pemkab Gorut dengan penyelenggaraan pengintegrasian data sektoral berbasis digital. Lalu Pemkab Bone Bolango tentang satu data penanggulangan kemiskinan dan terakhir, Pemkab Pohuwato tentang peningkatan kelembagaan dan pengelolaan data berbasis digital.

Basoh Saleh berharap, hasil dari kegiatan ini bisa diimplementasikan dengan baik.

“Pelatihan ini tidak berhenti sampai hari ini, karena sesungguhnya output yang dihasilkan hari ini baru rencana, dan kami berharap akan selesai nanti implementasinya di Oktober tahun ini,” tuturnya.

Sementara itu, di tempat yang sama Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Gorontalo, Rifli Katili, atas nama Penjabat Gubernur menyampaikan terimakasihnya kepada Kementerian Kominfo RI khususnya Badan Penelitian dan Pengembangan SDM, yang telah memilih Provinsi Gorontalo dalam menyelenggarakan pelatihan Digital Leadership Academy ini. Dimana awalnya pelatihan ini direncanakan akan digelar di Sulawesi Selatan, namun berkat kepercayaan dari Kemenkominfo kesempatan ini menjadi milik Provinsi Gorontalo.

“Kami juga berharap seperti keinginan pak Hary dan pak Basoh tadi, empat bulan kedepan rencana aksi dari pelatihan ini benar-benar ada keberlanjutan. Kerjasama ini juga diharapkan akan terus berlanjut. Kita harus bisa mewujudkan transformasi digital, sehingga satu data Indonesia bisa terwujud khususnya di Provinsi Gorontalo,” tandasnya. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button