BondowosoDaerahJawa Timur

Dinsos P3AKB Bondowoso Bantu Misriya Mendapatkan KIS

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Dinsos P3AKB mendapat laporan dari masyarakat bahwa ada warga Desa Sukorejo Kecamatan Sumber Wringin, Misriya (47) berumah di bawah batu besar.

Setelah mendapat laporan tersebut, Kadis Sosial P3AKB menerjunkan tim untuk melakukan assesment. Sebelumnya, tim melakukan koordinasi dengan Pemerintah Desa dan Kecamatan.

“Sebetulnya, Misriya masih mempunyai ibu dan saudara, namun tidak hidup serumah. Bahkan ibunya mengirim nasi untuk konsumsi tiga kali sehari,” kata Anis, sapaannya, ahad, 10/9.

Misriya, lanjutnya, mengalami depresi sejak berpisah dengan suaminya. Walaupun depresi, Misriya masih mampu menyampaikan keluhan-keluhan yang dirasakan. Misalnya mengaku pusing setelah naik kendaraan.

Ditambahkan, Pemerintah Desa telah memberikan bantuan pada Misriya melalui keluarganya. Dia menolak, ketika pemerintah akan memindahkan ke tempat yang lebih layak.

Tim Dinsos dan P3AKB berhasil membujuk Misriya untuk pindah dari rumah batunya ke tempa baru dan bersedia di bawa ke Rumah Sakit dr. H. Koesnadi untuk diperiksa kesehatannya.

“Kami bekerja sama dengan Dispendukcapil untuk mengurus dokumen kependudukannya. Dan menggandeng Rumah Sakit untuk memeriksa kejiwaan dan kesehatannya,” kata Anis.

Kalau dokumen kependudukannya sudah selesai, lanjunya, pihaknya akan mengajukan supaya Misriya terdata dalam DTKS dan mendapat KIS BPJS. Sehingga dia bisa mendapat bantuan dan layanan kesehatan gratis.

Ditambahkan, Dinsos P3AKB menyampaikan terima kasih pada Muspika Sumber Wringin, LSM, Media, Pemerintah Desa dan masyarakat yang telah memberikan informasi keberadaan Misriya.

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button