TNI Dan Polri

Disbintalidau Gelar Pembekalan Pembimbing Ibadah Haji, Umroh dan PPIH Arab Saudi

BeritaNasional.ID Medan – Dinas Pembinaan Mental dan Ideologi Angkatan Udara menyelenggarakan Pembekalan Pembinaan Mental Rohani mengenai Pembimbing Ibadah Haji, Umroh dan PPIH Arab Saudi Tahun Anggaran 2020 kepada perwira Bintal jajaran yang digelar secara virtual/daring selama dua hari, Senin dan Selasa (24-25/8/2020).

Kegiatan Pembekalan ini mengupas serta mendalami tentang Pembimbing Ibadah Haji, Umroh Dan PPIH Arab Saudi dengan mengadirkan narasumber, para pakar yang berkompoten sesuai materi yang disampaikan.

Pada hari pertama, Dirjen PHU Kemenag RI, Prof. DR. Nizar, M.Ag. tampil sebagai narasumber perdana menyampaikan materi tentang Kebijakan Penyelenggaraan Ibadah Haji, Umroh dan Ta’limatul Hajj, dilanjutkan oleh Kolonel Sus Drs. Jaetul Muchlis, M.Ag., menyampaikan materi tentang Perlindungan jemaah haji dan SATOPS ARMUZNA.

Rohaniwan Madya Rowatpers Ssdm Polri Akbp H. Maskat, M.Ag. sebagai narasumber menyampaikan materi tentang Mekanisme penanganan kasus/permasalahan jemaah haji Indonesia di Arab Saudi, dilanjutkan oleh Dr. H. Nasrullah Jasam, L.C., M.A. dengan materi Pengenalan situs Islam dan sirah Nabawiyah, serta pembekalan oleh narasumber dr. Jerry Nasarudin, Sp.Pd. yang menjelaskan tentang Kesehatan jemaah haji, yang mengakhiri pembekalan hari pertama.

Pembekalan hari kedua diawali dengan materi Fikih Haji yang disampaikan oleh H. Arsad Hidayat, L.C., M.A. dilanjutkan oleh Letkol Sus Rijal Kani, S.Ag. yang menjelaskan Strategi dan metode bimbingan manasik haji/umroh, dan materi Micro Guiding oleh Letkol Sus Muttaqin, S.Ag.

“Sebagai narasumber pamungkas dengan materi Nasionalisme Religius yang disampaikan oleh Kadisbintalidau Marsma TNI Dr. Drs. Bastari, M.Pd., M.Sc., M.Si (Han) sekaligus sebagai penutup untuk Pembekalan Pembinaan Mental Rohani mengenai Pembimbing Ibadah Haji, Umroh Dan PPIH Arab Saudi”, jelas Letkol Sus Muttaqin, Kasubdisbinroh.

“Seluruh kegiatan pembekalan berjalan dengan tertib, aman dan lancar, dan kami berharap pembekalan ini dapat mempersiapkan para perwira bintal apabila diberikan kepercayaan melaksanakan tanggung jawab sebagai petugas haji maupun ketika mengurusi kegiatan umroh,” pungkas Kasubdisbinroh Disbintalidau.

(Disbintalidau/Kiel)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button