Batubara

Diskanak Batu Bara Berikan Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar di Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku

BeritaNasional.ID, BATU BARA SUMUT – Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Batu Bara penuhi undangan sebagai narasumber untuk memberikan pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar bagi Warga Binaan Pemasarakatan (WBP) Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku, Senin (26/02/2024).

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Antoni Ritonga, SP melalui Kabid Budidaya, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Juniar Pane, S.Pi menjelaskan bahwa pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari.

Selain Kabid Juniar Pane, sebagai narasumber dari Dinas Perikanan hadir juga Kepala Tim Budidaya Perikanan Jogi Arleston Silaban, S.STPi, M.Pi.

“Pelatihan ini dimulai 26 Februari acara pembukaan, 27 sampai dengan tanggal 28 barulah akan masuk ke materi, kemudian besoknya akan dilaksanakan praktek lapangan ke kolam yg ada di Lapas, dan dihari terakhir 1 maret penutupan,” jelas Juniar Pane.

Ia menjelaskan, bahwa pelatihan budidaya ikan air tawar ini meliputi ikan lele, nila dan gurame. Nantinya pada saat pelatihan akan dimulai dari persiapan kolam, pembenihan, pemberian pakan, pemeliharaan, hingga pembesaran dan pasca panen.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menambah keterampilan warga binaan yg nantinya dapat memberikan manfaat yang besar sebagai bekal mereka setelah bebas dan kembali berbaur ke tengah-tengah masyarakat,” sebut Kabid.

Dari pelatihan ini, diharapkan pula para WBP nantinya akan dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri tanpa mencari pekerjaan di tempat lain.

Karena menurutnya, saat ini usaha budidaya ikan air tawar sangat menjanjikan sesuai dengan semakin besarnya permintaan di pasar. Dengan demikian dari kegiatan ini diharapkan akan tumbuh jiwa enterpreneur yang tinggi dalam diri setiap peserta warga binaan.

“Sehingga dapat memperbaiki dan meningkatkan kepercayaan diri serta perekonomian mereka di masa yang akan datang agar tidak pernah lagi melakukan hal-hal yang melanggar hukum,” ujar Juniar Pane.

Sementara itu, Kalapas Labuhan Ruku Alexa mengucapkan terima kasihnya kepada Dinas Perikanan dan Peternakan Batu Bara karena telah memberikan kesempatan untuk bekerjasama dalam pembinaan kemandirian warga binaan Lapas Labuhan Ruku.

“Saya harap kegiatan pelatihan budidaya ini bisa memberi wawasan dan keterampilan usaha produktif bagi warga binaan, diharapkan kedepannya mereka bisa mengaplikasikan usaha budidaya ikan air tawar,” sebut Alexa. (Fitrah/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button