DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Disnakeswan Siap Kirim Bantuan Sosial Pakan Ternak Silase Batang Sorghum

BeritaNasional – SITUBONDO – Pemerintah Dearah Kabupaten Situbondo melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Situbondo salurkan bantuan pakan ternak silase Batang Sorghum untuk peternak yang terdampak bencana alam erupsi Gunung Merapi, di Jawa Tengah, Rabu (10/2/2021).

Abu vulkanik erupsi Gunung Merapi tersebut berdampak menutupi hamparan rerumputan, sehingga sulit bagi peternak untuk mendapatkan rumput hijau. Selain akan membuat nafsu makan binatang berkurang, abu vulkanik tersebut juga dikhawatirkan masuk ke saluran pencernakan sehingga memicu penyakit dan berujung pada kematian hewan ternak tersebut.

Keterangan yang disampaikan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Situbondo drh. Muhammad Hasanudin Riwansia mengatakan, pengiriman pakan ternak Sorghum sebanyak 10 ton untuk peternak di daerah Kabupaten Klaten yang terdampak erupsi Gunung Merapi tersebut, akan di lepas oleh Wakil Bupati Situbondo Ir. H. Yoyok Mulyadi MSi dari halaman kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Situbondo.

“ Nanti, sekitar pukul 14.30 WIB dua truk pengangkut pakan ternak Surghom akan di lepas oleh Wabup Situbondo,” jelas Udin, panggilan akrab Muhammad Hasanudin Riwansia.

Pakan pakan ternak Sorghum itu, sambung Udin, akan diberikan kepada masyarakat Desa Tegal Mulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten Jawa Tengah yang terkena bencana alam erupsi Gunung Merapi. “Di wilayah itu, ada sekitar 1500 ekor ternak yang kesulitan pakan hijau karena rumput-rumput di wilayah tersebut terdampak abu vulkanik erupsi Gunung Merapi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Udin mengatakan bahwa, bantuan pakan ternak silase batang sorghum tersebut disalurakan dari Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jatim III dan Perkumpulan Paramedik Veteriner dan Inseminator Indonesia Cabang Kabupaten Situbondo. “Alhamdulillah, berkat kekompakan unit pengelola pakan di Situbondo, kita bisa mengirimkan bantuan sosial silase batang sorghum untuk peternak di Kabupaten Klaten Jawa Tengah yang terdampak erupsi Gunung Merapi,” pungkasnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button