BondowosoDaerahJawa Timur

Disnakkan Bondowoso Lakukan Pemeriksaan Hewan Didampingi Babinsa

Berita Nasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Babinsa Koramil 0822/08 Grujugan Kodim 0822/Bondowoso, Sertu Sugik Hariyono mendampingi pemeriksaan kesehatan pada hewan ternak sapi yang dilakukan Dinas Peternakan di Desa Dawuhan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso, Sabtu (2/12/2023).

Babinsa Yang Akrab disapa Sugik mengatakan, pihaknya sangat mendukung program pemeriksaan kesehatan pada ternak sapi dan pemberian vaksin pada hewan ternak sapi oleh Dinas Peternakan. Pemeriksaan hewan bertujuan untuk mengantisipasi penyakit Lumpy Skin Disease (LSD).

“LSD adalah penyakit kulit infeksius yang disebabkan oleh Lumpy Skin Disease Virus (LSDV) yang merupakan virus bermateri genetik DNA dari genus Capripoxvirus dan famili Poxviridae, atau yang dikenal di masyarakat dengan penyakit lato-lato,” ujarnya.

Sugik mengatakan bahwa salah satu kegiatan masyarakat Dawuhan adalah beternak sapi dan kambing, baik perorangan maupun secara kelompok. Untuk mengantisipasi penyebaran penyakit pada hewan ternak dan penyebaran virus, pihaknya selalu berkordinasi dengan Keswan setempat.

Selain melakukan pemeriksaan dan vaksinasi, lanjutnya , tim juga memberikan sosialisasi kepada warga yang mempunyai hewan ternak. “Khususnya ternak sapi. Pelayanan kesehatan hewan ternak, pemberian vitamin dan obat cacing, gratis. Untuk membantu peternak sapi.

Sugik meminta agar warga menjaga kesehatan ternaknya, baik yang sudah di vaksin maupun belum. Menjaga kebersihan kandang sapi, supaya tidak mudah terserang penyakit. Jadi sebelum terjangkit penyakit, sebaiknya berupaya dengan menjaga kebersihan kandang dan lingkungan. Sebab penyebaran penyakit LSD melalui gigitan nyamuk dan lalat,” tutup Sugik.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button