Ragam

Disorot Warga, Proyek Pembangunan Gronjong Dibawah Jembatan Kradenan Purwoharjo

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Proyek pembangunan yang berada di bawah jembatan Desa Kradenan, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi sempat dipertanyakan warga setempat. Pasalnya proyek tersebut tidak jelas nama dan CV pelaksananya. Papan nama proyek yang semestinya terpasang, ternyata tidak ada.

Salah seorang warga mengaku tidak mengetahui proyek apa yang ada di bawah jembatan tersebut. “Kami kurang paham bangunan yang ada di bawah jembatan ini. Papan nama proyek tidak ada di lokasi bangunan. Ini yang menjadi sorotan masyarakat,” ujar salah seorang warga, Junaidi, Selasa (26/12/17).

Sementara salah satu pekerja proyek, Edi menyatakan, proyek yang sedang dikerjakannya itu adalah gronjong. Semacam rakitan kawat yang nantinya diisi batu pecahan tanpa campuran pasir dan semen. Gronjong tersebut bermanfaat untuk menahan arus air di sungai Setail ini.

“Bangunan gronjong ini untuk menangkis luapan air, supaya pondasi jembatan tidak tergerus air,” kata Edi.

Diakui oleh Edi, pihaknya sendiri tidak tahu CV apa yang melaksanakan proyek tersebut. “Yang jelas proyek ini dilaksanakan oleh CV, tapi saya nggak tahu nama CV nya. Dan papan nama masih belum terpasang,” akunya.

Untuk proyek bangunan gronjong di sungai Setail itu, menurut Edi, mengabiskan batu pecahan sebanyak 54 meter kubik.

Ketidaktahuan mengenai proyek tersebut ternyata juga diakui oleh Kades Kradenan Hadi Suharno. Menurutnya, pihak desa belum pernah menerima surat pemberitahuan pelaksanaan proyek bangunan di bawah jembatan Kradenan tersebut. Sehingga Hadi tidak mengetahui proyek apa yang dilaksanakan dan CV mana yang melaksanakannya.

“Pihak pelaksana dari CV tidak pernah menyampaikan surat pemberitahuan pada kami sehubungan dengan proyek itu. Tapi kami sendiri tidak terlalu mempemasalahkannya, yang penting wilayah kami dapat bantuan bangunan, ” katanya.

Sementara Kepala Dinas PU Pengairan Banyuwangi, Guntur Priambodo ketika dikonfirmasi lewat WA menyatakan, pihaknya tidak hafal dengan bangunan yang dipertanyakan. (Tim)

Caption : Proyek pembangunan gronjong di bawah jembatan Kradenan Purwoharjo

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close